Apakah perjalanan Waktu itu ada?

Apa perjalanan waktu itu ada? Mungkin tidak untuk saat ini, sebenarnya kita hanya bisa mempercepat dan memperlambat waktu, tetapi tidak dapat mundur ke belakang!

Mungkin tidak bagi teknologi manusia saat ini untuk melakukan perjalanan waktu, hal ini sesuai dengan relativitas khusus Einstein. Intinya adalah waktu dapat dipercepat maupun diperlambat tetapi tidak dapat mundur ke belakang. Tanpa cahaya kita tidak dapat melihat, sementara cahaya itu sendiri bergerak pada luar angkasa (hampa udara) dengan kecepatan 299.792,458 km/s atau tinggal dibulatkan 300.000 km/s.

Dengan begitu kita tau kecepatannya, namun bagaimana pengaruhnya terhadap jarak? Pada fakta sainsologi sebelumnya telah dijelaskan mengenai “Apabila kamu melihat planet dari kejauhan, kamu melihat masa lalu dari planet itu”

Cahaya tersebut butuh bergerak agar sampai ke mata kita, sehingga cahaya yang kita lihat adalah cahaya planet puluhan tahun lalu (tergantung jarak suatu planetnya ya…) Apakah mesin waktu itu ada? Ada
Contohnya? ISS (Stasiun Luar Angkasa Internasional), Kereta Api, Pesawat Terbang

Kenapa ISS, Kereta Api, Pesawat Terbang dikategorikan sebagai mesin waktu?
Karena mereka dapat memperlambat waktu

kok bisa memperlambat waktu? seperti yang kamu ketahui relativitas khusus ada 2 faktor:

  1. Kecepatan
  2. Gravitasi

Inget ini faktornya bukan postulat, kalau postulatnya juga ada 2, yakni:

  1. Hukum fisika tidak pernah berubah dalam semua sistem inersia
  2. Kecepatan cahaya di ruang vakum (hampa udara) adalah sama bagi semua pengamat terlepas dari gerakan sumber cahaya.

Semakin cepat kamu bergerak semakin lambat waktu terasa bagi kamu, sama halnya dengan gravitasi. Semakin kuat gravitasi di sebuah Planet semakin kamu merasakan dampak dari The Twins Paradox (sesuai dengan Time Dilation a.k.a Dilatasi Waktu).

Sumber: