Apakah Perilaku Konsumtif Anak Muda Zaman Sekarang dipengaruhi oleh Tuntutan Sosial?

Untitled-4

Dalam menjalani hidup, setiap harinya manusia pasti tidak lain dan tidak bukan melakukan kegiatan konsumi untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia mengkonsumsi sesuatu didasari oleh berbagai faktor pendukung, seperti pendapatan yang diperoleh dan kebiasaan atau gaya hidup setiap individu. Seseorang akan terus menambah proporsi konsumsinya sebanding dengan tingkat pertambahan dari penghasilan yang diterimanya sampai batas tertentu. Begitupun juga sama halnya dengan anak muda zaman sekarang yang pola konsumsinya meningkat, hal ini dapat disebabkan oleh semakin banyaknya produk yang ditawarkan oleh pasar dan juga tuntutan sosial. Banyak anak muda yang menjadi konsumtif karena membeli suatu produk/jasa bukan karena butuh, tetapi karena hanya mau ikut-ikutan trend atau tidak mau kalah dengan orang yang ada disekitarnya.

Menurut Youdics, apakah benar perilaku konsumtif anak zaman sekarang dapat dipengaruhi oleh tuntutan sosial? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Image Source

https://unsplash.com/photos/SXKMix_4WJ4

1 Like

Aku yakin memang banyak anak zaman sekarang yang konsumtif karena tuntutan sosial. Untuk memenuhi tugas salah satu mata kuliah di semester lalu, aku harus melakukan penelitian tentang perilaku konsumsi secara online pada mahasiswa dan hasilnya sebanyak 60% mahasiswa memilih untuk berbelanja online karena tuntutan sosial. Mereka juga mengeluarkan uangnya untuk mengkonsumsi barang mewah, dimana harganya tergolong tinggi. Aku juga setuju banget sama pendapat ini :

Karena dalam kehidupan nyata, aku sering banget nemuin kasus kayak gitu. Ditambah lagi sekarang segala sesuatu udah bisa diakses dengan mudah. Semua kalangan usia, terutama anak muda, pasti bisa akses situs belanja dan cara pembayarannya pun sangat mudah dan cepat. Jadi menurut aku faktor tersebut juga semakin mendukung anak muda zaman sekarang untuk berperilaku konsumtif karena tuntutan sosialnya.

1 Like