Apakah perbedaan Vegan dan Vegatarian?

Vegan maupun vegatarian adalah seseorang yang tidak mengkonsumsi daging. Apakah perbedaan Vegan dan Vegatarian ?

2 Likes

Vegetarian

Vegetarian berasal dari bahasa latin vegetus , artinya kuat, aktif, dan bergairah. Menuut KBBI- Balai Pustaka terbitan tahun 1994, vegetarian adalah orang yang karena alasan agama atau kesehatan hanya memakan sayur-sayuran dan hasil tumbuh-tumbuhan. Secara umum, vegetarian adalah orang yang tidak mengkonsumsi semua daging hewan, baik daging sapi, kambing, ayam, ikan, maupun daging hewan lainnya (Susianto, Widjaja & Mailona, 2007).

International Vegetarian Union (IVO) mengelompokkan vegetarian berdasarkan susunan menu dan tingkat kesulitannya:

  • Vegan, adalah vegetarian murni yang hanya mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Kelompok ini sama sekali tidak mengkonsumsi makanan hewani seperti daging ternak, daging unggas, ikan, susu, telur, dan produk olahannya. Mereka juga tidak menggunakan semua produk yang dihasilkan oleh binatang seperti madu, bahan kulit, sutera, wool hingga gelatin.
  • Lacto vegertarian, adalah vegetarian yang mengkonsumsi bahan pangan nabati dan bahan pangan berpantang makan daging ternak, daging unggas, ikan, dan telur beserta produk olahannya. Kelompok ini masih diperbolehkan mengkonsumsi susu beserta hasil olahannya seperti keju dan yogurt.
  • Lacto-ovo vegetarian, adalah vegetarian yang mengkonsumsi bahan-bahan nabati dan tidak mengkonsumsi daging ternak, daging unggas, dan ikan. Kelompok ini masih diperbolehkan mengkonsumsi telur dan susu beserta produk olahannya (Susianto, Widjaja & Mailoa, 2007). Dari jenis lavto-ovo vegetarian ada juga jenis diet yang hanya mengkonsumsi telur. Diet tersebut dikenal dengan Ovo vegetarian (Sabate J, 2001).

Jadi perbedaannya adalah jika vegetarian masih mentoleransi beberapa produk yang dihasilkan oleh hewan seperti susu dan madu, sedangkan vegan memilih untuk menghindari produk-produk itu.

Sumber:

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123426-S-5529-Faktor-faktor%20yang-Literatur.pdf

Perbedaan Inti

Vegan tidak makan produk hewani, sementara vegetarian tidak makan hewan, tetapi mungkin memakan produk yang berasal dari hewan (seperti susu dan telur). Orang-orang biasanya memilih diet ini karena masalah kesehatan, pembatasan agama atau masalah moral tentang melukai hewan.

Vegetarian

Lacto-ovo (atau ovo-lacto), dari bahasa Latin yang berarti susu dan telur, adalah jenis vegetarian yang paling umum. Seperti namanya, orang yang mengikuti diet ini mengonsumsi produk susu dan telur tetapi menghindari daging, unggas, dan seafood.

  • Vegetarian lakto makan produk susu tetapi tidak ada telur, daging, unggas atau seafood.
  • Vegetarian Ovo makan telur tetapi tidak ada produk susu, daging, unggas atau seafood.
  • Vegetarian pesco, atau pescatarian secara teknis tidak memenuhi definisi umum vegetarian. Orang yang mengikuti diet semi-vegetarian ini makan ikan dan seafood lainnya tetapi tidak makan unggas atau daging.

Vegan

Vegan yang memilih diet ini karena alasan moral cenderung bersemangat tentang kesejahteraan hewan sehingga banyak yang menghindari memakai kulit dan suede karena terbuat dari kulit binatang. Mereka juga dapat menghindari kain apa pun yang terbuat dari produk sampingan hewan, termasuk wol dan sutra, karena hewan yang digunakan untuk memproduksi bahan-bahan ini sering kali dirugikan dalam proses tersebut. Banyak vegan juga mencari kosmetik dan produk kecantikan yang bebas dari kandungan hewani.

Makanan yang Harus Dihindari

Untuk vegan dan vegetarian, penting untuk bertanya tentang bagaimana makanan restoran disiapkan sebelum memesan. Banyak sup dan saus yang tampaknya tidak mengandung daging dibuat dengan kaldu ayam atau sapi, tortilla terkadang dibuat dengan lemak babi, dan makanan yang digoreng bisa dibuat dengan lemak hewani.

Vegan juga menghindari madu, dan harus hati-hati membaca label bahan makanan baru. Misalnya, beberapa cokelat adalah vegan, tetapi jenis lainnya termasuk susu.

Referensi

VEGETARIAN VS. VEGAN: WHAT’S THE DIFFERENCE?. 2017. https://www.naturespath.com/en-us/blog/vegetarian-vs-vegan-whats-the-difference/. Diakses pada 3 Juni 2020.