Apakah perbedaan single product roadmap, multiple product roadmap, dan agile roadmap?

Produk roadmap adalah ringkasan tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah produk Anda. Produk roadmap mengomunikasikan alasan di balik apa yang Anda bangun. Dalam merepresentasikan roadmap product terdapat tiga cara yaitu single product roadmap, multiple product roadmap, dan agile product roadmap. Dari ketiga cara tersebut apakah perbedaannya?

1. Single Product Roadmap
Ini adalah dokumen tingkat tinggi yang strategis, Anda tidak akan hanya membangunnya untuk menunjukkan kepada eksekutif Anda, mendapatkan dukungan mereka, dan kemudian mengesampingkannya saat Anda melanjutkan pekerjaan nyata dalam mendorong pengembangan produk.

Peta jalan produk ini akan menjadi salah satu alat utama Anda yang sedang berlangsung untuk mendorong pengembangan itu. Seharusnya menginformasikan apa yang Anda lakukan hampir setiap hari.

Misalnya, katakanlah peta jalan produk tunggal Anda mencakup wawasan waktu pengembangan enam bulan. Jika Anda telah membangun dalam dokumen ini rilisan Oktober yang direncanakan untuk pengaya aplikasi seluler produk Anda, maka Anda akan tahu pada bulan Februari atau Maret bahwa sudah waktunya untuk mulai berpikir tentang tingkat pembelanjaan dan sumber daya apa yang akan Anda butuhkan untuk pengembangan, jenis pengujian apa yang perlu Anda lakukan, dokumentasi dan jaminan apa yang perlu dibuat, dll. Dan dengan tinjauan ke depan itu, Anda dapat mulai merencanakan sekarang untuk mendapatkan inisiatif yang sedang berlangsung sehingga mereka siap pada waktunya untuk rilis tambahan.

Dengan kata lain, peta jalan produk standar Anda harus memberi Anda pandangan jangka panjang dari rencana produk Anda dan panduan tingkat lebih mendasar tentang apa yang harus Anda fokuskan untuk memenuhi tujuan dan tenggat waktu tersebut.

2. Multiple Product Roadmap
Peta jalan yang menggabungkan beberapa produk memiliki manfaat tambahan yang memungkinkan Anda untuk membuat pandangan strategis jangka panjang dari perjalanan produk Anda dalam konteks yang lebih besar dari pengembangan simultan produk Anda yang lain.

Anda dapat mempertahankan beberapa peta jalan produk tunggal, satu untuk setiap produk yang menjadi tanggung jawab Anda. Tetapi ini akan menciptakan karya duplikat, memaksa Anda untuk melacak dan meninjau lebih banyak dokumen, dan menghilangkan Anda dan konstituen Anda dari kemampuan untuk melihat setiap produk dalam konteks inisiatif lain.

3. Agile/Sprint Roadmap
Jika peta jalan tunggal dan banyak produk Anda seringkali difokuskan untuk mengkomunikasikan strategi Anda kepada pemangku kepentingan eksekutif, Anda akan menggunakan peta jalan cepat / lari Anda terutama dengan tim pengembangan Anda.

Meskipun difokuskan terutama pada rincian jangka pendek, peta jalan cepat / lari harus tetap menyajikan pandangan strategis - menghubungkan bersama fitur dan cerita yang berbeda dalam sprint untuk menunjukkan bagaimana masing-masing proyek individu ini bekerja menuju tujuan pemersatu. Ini penting karena pengembang Anda harus memahami arah strategis produk secara keseluruhan.

Sebuah roadmap yang gesit / sprint dapat terbukti tak ternilai ketika datang untuk melepaskan perencanaan. Karena ini adalah peta jalan jangka pendek, berorientasi tugas, ini adalah cara pengaturan yang hebat - dan kemudian menjaga jarak dan mata yang konstan - tanggal rilis produk yang direncanakan.

Jika Anda menetapkan rilis produk beberapa bulan, misalnya, Anda kemudian dapat menggunakan peta jalan cepat / lari Anda untuk memprioritaskan prakarsa penting yang perlu Anda selesaikan sebelum tanggal masuk ke pasar tersebut. Hal ini dapat sangat membantu fokus tim dan mencegah tim atau individu menjadi terganggu dengan tugas-tugas prioritas yang lebih rendah.

Referensi