Apakah perbedaan product roadmap dengan project roadmap?

produk roadmap dan proyek roadmap

Beberapa orang menganggap bahwa product roadmap dan project roadmap sama. Sebenarnya kedua hal tersebut berbeda. Apakah perbedaannya?

Meskipun terdapat beberapa persamaan, ada juga banyak perbedaan antara product roadmap dan project roadmap. Untuk memahaminya, dimulai dengan mengetahui perbedaan produk dan proyek.

Produk adalah barang atau jasa yang disediakan untuk sekelompok pengguna. Produk dapat berupa produk fisik, aplikasi perangkat lunak hingga layanan untuk end-user. Sedangkan, proyek adalah serangkaian tugas atau rencana yang diimplementasikan selama jangka waktu tertentu. Setelah hasilnya tercapai, maka proyek dinyatakan selesai.

Adapun perbedaan antara product roadmap dengan project roadmap, dapat dilihat dari beberapa faktor.

  • Tujuan
    Product roadmap digunakan untuk mengkomunikasikan jalur strategis produk untuk mencapai sasaran bisnis. Product roadmap dapat digunakan oleh tim Produk di berbagai organisasi. Di sisi lain, project roadmap lebih bersifat taktis dan digunakan untuk mengkomunikasikan tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek.

  • Komponen
    Komponen yang terdapat pada product roadmap, antara lain tujuan produk, inisiatif strategis, rilis dan fitur utama yang akan mewujudkan tujuan, epik, cerita atau fitur utama serta timeline keseluruhan.
    Sedangkan komponen padaproject roadmap, meliputi tujuan dan sasaran proyek, milestone dan tugas penting, alokasi sumber daya, jadwal proyek serta potensi resiko.
    Product roadmap menyediakan rencana untuk mencapai tujuan produk, yang sering terkait dengan tujuan bisnis. Project roadmap juga menjabarkan rencana, tetapi biasanya berfokus pada timeline untuk proyek tertentu.

  • Proses penciptaan
    Manajer produk biasanya memimpin proses pembuatan roadmap. Dia bekerja dengan tim lintas fungsional termasuk engineer, sale, marketing, dan tim eksekutif untuk membangun rencana yang akan memenuhi tujuan dan sasaran bisnis. Selama proses ini, penting bagi Manajer Produk untuk memulai dengan pendekatan sasaran-pertama terhadap produknya. Karena roadmap yang dibuat akan mencakup area tingkat tinggi yang akan berkontribusi pada kesuksesan produk.

    Di sisi lain, seorang Manajer Proyek biasanya menciptakan project roadmap. Manajer Proyek kurang memperhatikan tujuan produk, karena tujuannya sendiri adalah menyelesaikan proyeknya dalam jangka waktu yang ditentukan. Project roadmap mempertimbangkan sumber daya dan kapasitas tim secara keseluruhan, serta milestone pencapaian yang harus dicapai untuk menyampaikan proyek.

  • Proses sharing
    Berbagi product roadmap membantu tim memahami keseluruhan strategi produk, serta detail seputar penerapan fitur dan mengkomunikasikan manfaat utama kepada pelanggan. Hal ini memungkinkan tim internal untuk tetap fokus dan mendapatkan informasi tentang bagaimana fitur yang akan datang akan berdampak pada pelanggan.

    Berbagi project roadmap membantu tim internal memahami timeline untuk milestone tertentu dari proyek. Proyek sering memiliki keterbatasan anggaran atau sumber daya. Mengkomunikasikan project roadmap memungkinkan tim lintas fungsional untuk memahami bagaimana faktor-faktor ini berhubungan dengan proyek dan tim mereka sendiri.

Sumber :
https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-a-Product-Roadmap-and-a-Project-Roadmap

Product Roadmap adalah dokumen yang menjelaskan alasan dan isi dari produk yang dibangun beserta high-level visual summary yang memetakan visi dan arah penawaran produk anda dari waktu ke waktu.

image

Sementara, project roadmap adalah simple presentation mengenai ambisi projek dan sasaran projek dalam timeline. Project roadmap ini bukan berisi rencana dan informasi projek terperinci.

image

Product roadmap dan project roadmap memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya adalah:

  1. Kegunaan
    Product roadmap berguna untuk mengkomunikasikan jalur strategis produk untuk mencapai sasaran bisnis yang dapat digunakan oleh tim produk di berbagai organisasi. Sementara project roadmap dilihat dari sifatnya yang taktis berguna untuk mengkomunikasikan tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan projek.

  2. Komponen di dalam roadmap
    Product roadmap mencakup tujuan produk, inisiatif strategis, key releases dan fitur utama yang akan mewujudkan tujuan, epics, cerita atau fitur utama pengguna, garis waktu keseluruhan. Sementara project roadmap mencakup tujuan dan sasaran projek, milestone dan tasks yang penting, alokasi resources, timeline projek, potential risks.

  3. Focus area
    Product roadmap menjabarkan rencana untuk mencapai tujuan produk yang sering berkaitan dengan tujuan bisnis. Sementara, project roadmap menjabarkan rencana yang biasanya terfokus pada timeline untuk projek tertentu.

  4. Sharing process
    Sharing process pada product roadmap membantu tim memahami keseluruhan strategi produk, detail penerapan fitur dan mengkomunikasikan manfaat utama kepada pelanggan sehingga tim internal dapat focus dan mengetahui informasi maupun dampak dari fitur yang akan dihadirkan. Sementara sharing process pada project roadmap membantu tim internal memahami timeline untuk milestone tertentu dari projek dan memungkinkan tim lintas fungsional memahami bagaimana faktor-faktor di dalam projek berdampak pada tim.

Kesamaan di antara product roadmap dan project roadmap adalah:

  • digunakan untuk produk dan layanan yang dijual kepada pelanggan.
  • digunakan untuk merencanakan upaya internal.

Referensi: