Apakah perbedaan kucing anggora dan persia?

Apakah perbedaan kucing anggora dan persia ?

Beberapa perbedaan antara kucing anggora dan kucing persia antara lain :

  • Kucing Anggora – kucing ini merupakan salah satu ras tertua dari kucing, berasal dari daerah Ankara (Angora) di Turki yang konon dikenal sejak tahun 1600an.

    Kucing Persia – ras kucing berbulu panjang ini berasal dari daerah Persia (sekarang Iran) yang pertama kali dibawa atau diperkenalkan ke negara Italia sekitar tahun 1620an dan akhirnya bisa terkenal hingga ke Indonesia.

  • Kucing Anggora – si kucing Anggora memilki bentuk wajah seperti kucing lokal atau kucing kampung, bentuknya sedikit segitiga dengan hidung yang sedikit mancung. Kemudian telinganya cenderung runcing dan panjang.

    Kucing Persia – untuk kucing Persia bentuk wajahnya cukup bulat, dengan hidung yang kebanyakan pesek (untuk Persia Peaknose) atau tidak terlalu mancung (untuk kucing persia medium), kemudian jika kamu memperhatikan bagian samping dari kucing ini, dahi, hidung dan dagu terlihat datar. Mata dari kucing persia juga bervariasi dibanding si kucing Anggora.

  • Kucing Anggora – ukuran tubuh dari kucing Anggora ini bisa dibilang ideal, ia terlihat langsing kemudian ototnya tidak menonjol. Ia juga punya bentuk tubuh yang terlihat lebih tinggi.

    Kucing Persia – untuk kucing Persia, ia terlihat lebih gemuk bulat dibandingkan dengan kucing Anggora. Badannya juga tidak setinggi kucing Anggora, karena bisa dilihat dari kakinya yang pendek namun kokoh besar dengan cakar yang membulat.

  • Kucing Anggora – pada kucing Anggora umumnya punya bulu yang tebal tapi tidak setebal kucing Persia, namun pada ekor kucing Anggora bulunya paling panjang dan tebal bahkan disebut sebagai ekor musang karena kemiripannya. Pada bagian wajah, bulu yang dimiliki kucing Anggora tidak tebal maupun panjang sehingga lebih cenderung sedikit lebih lebat dibandingkan dengan kucing lokal.

    Kucing Persia – kemudian pada kucing Persia dikenal sebagai kucing yang bulunya tebal, dari bulu di wajahnya saja sudah tebal. Dari leher hingga ekor juga ditutupi oleh bulu yang tebal khususnya kucing Persia yang berdarah murni.

  • Kucing Anggora – ekor kucing anggora memiliki bulu yang cukup tebal layaknya kemoceng atau ekor musang.

    Kucing Persia – ekor kucing persia bulunya sudah selebat bulu di seluruh tubuhnya, namun biasanya pada ekor tidak selebat kucing anggora.

  • Kucing Anggora – pada kucing Anggora, ras kucing ini umumnya lebih aktif, senang bermain, energik dan penurut. Kucing Anggora cukup cerdas, suka berinteraksi dengan manusia, punya rasa ingin tahu yang tinggi, mudah dilatih, beradaptasi dan ramah dengan manusia maupun hewan lain (Wikipedia Indonesia).

    Kucing Persia – kucing ini punya sifat yang berbeda dengan kucing Persia, ia lebih kalem, penurut, sedikit malas dan manja.

  • Kucing Anggora – kucing Anggora senang duduk di lantai atau di sekitar pemiliknya, ia juga lebih waspada dengan sekitar dan suka pergi mencari tempat yang tinggi di rumah untuk dinaiki, ia juga suka bermain dan berlari-lari dengan temannya ataupun kamu. Cara berjalan kucing Anggora juga luwes, terlihat menggemaskan apabila kita memperhatikannya sedang berjalan.

    Kucing Persia – dari sifatnya yang sedikit malas bisa dibuktikan dari saat beraktivitas yang tidak seenergik kucing Anggora. Ia cenderung lebih suka diam di tempat ataupun istirahat. Cara berjalannya pun juga lambat dan terlihat manja.

Sumber:
https://kucingpedia.com/perbedaan-kucing-anggora-dan-persia/#a

Perbedaan antara kucing anggora dan persia memang agak sulit dilakukan secara sekilas. Untuk dapat membedakan antara kedua ras tersebut adalah dengan melihat ciri-ciri spesifik diantara keduanya. Beberapa ciri-ciri tersebut antara lain :

Kucing Persia

Ras kucing ini merupakan ras kucing yang sangat populer untuk dipelihara di dunia maupun di Indonesia. Kucing Persia memiliki bentuk wajah yang bulat dengan hidung tidak terlalu mancung, moncong pendek, dan bulu yang panjang dan cukup lebat atau dapat disebut 2 layered coat.

Mengacu pada kota Persia (nama lama Iran) dimana kucing serupa ditemukan. Persia
merupakan hasil mutasi yang dikembangkan oleh peternak Inggris dan Amerika.

kucing angora dan persia

Kucing Anggora

Ras kucing yang memiliki nama lengkap, Turkish Angora, adalah kucing berbadan sedang dengan bulu yang panjang. Badannya lebih langsing dan ramping jika dibandingkan dengan Persia. Merupakan ras kucing tertua dan salah satu jenis yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang salah mengenai ras kucing ini.