Apakah perbedaan Jaringan Xilem dan Floem pada tanaman?

###Xilem


Xilem atau pembuluh kayu adalah salah satu jaringan penting yang berada di dalam tanaman dengan pembuluh (Tracheophyta),

Jaringan Xilem bertugas untuk membawa bahan yang digunakan untuk melakukan fotosintesis berupa air dan mineral dari akar ke daun.

Xilem tercipta dari jaringan-jaringan pengangkut kompleks dengan berbagai bentuk sel, pada umumnya xilem tersusun dari sel yang sudah mati dengan membran selnya yang mengandung lignin dan tebal.

Selain berfungsi sebagai pengangkuat bahan fotosintesis, xilem juga bertugas sebagai penguat jaringan.

###Floem


Floem atau pembuluh tapis merupakan jaringan pengangkut pada tanaman dengan pembuluh (Tracheophyta),

Jaringan Floem berfungsi untuk menghantarkan hasil fotosintesis seperti gula sukrosa dan metabolit lainnya dari daun ke batang, akar, umbi, bunga, buah, dan biji.

##Unsur Utama Xilem dan Floem

###Xilem


  • Trakeid; Trakeid memiliki fungsi sebagai penopang dan pengangkut air, susunan sel ini terdiri atas sel-sel sempit dan mengalami penebalan sekunder.

  • Trakea; Trakea atau komponen pembuluh memiliki ukuran dua kali lipat atau lebih dari pada sel-sel trakeid dan memiliki bentuk rantai sel-sel panjang, sedangkan dindingnya yang berlubang digunakan sebagai tempat aliran air.

  • Parenkim xilem; Parenkim xilem terdiri dari sel-sel yang masih hidup, serta biasa ditemukan pada xilem primer dan sekunder.

###Floem :


  • Unsur-unsur tapis; Unsur-unsur tapis mempunyai ciri-ciri antara lain intinya tidak ada dari protoplas dan daerah dindingnya sangat tipis.

  • Sel pengantar; Sel pengantar adalah sel muda yang memilik sifat meristematik dan bertugas untuk mengatur keluar masuknya zat-zat makanan melalui pembuluh tapis.

  • Sel albumin; Sel albumin adalah sel-sel empulur dan parenkim floem yang mengandung banyak zat putih telur serta terletak berdekatan dengan sel-sel tapis. Sel ini memiliki fungsi sebagai jalan keluar masuknya zat-zat makanan melewati pembuluh tapis.

  • Parenkim floem; Parenkim floem merupakan sel-sel hidup yang berguna untuk menyimpan zat-zat tepung, lemak dan zat organik lainnya…

  • Serat-serat floem; Serat-serat floem adalah sel jaringan yang sudah matang dan sangat mudah dibedakan dengan jaringan parenkim lainnya, karena bentuknya relatif kecil dan tanpa ruang antarsel.

##Xilem dan Floem pada tanaman Monocotil dan Dicotil

###:four_leaf_clover: Akar


###:four_leaf_clover: Batang


###:four_leaf_clover: Daun


8 Perbedaan Xilem dan Floem Pada Jaringan Tumbuhan :

  1. Xilem berfungsi mengangkut bahan fotosintesis berupa air dan mineral dari akar ke daun. Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis berupa nutrisi makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  2. Xilem terbuat dari sel yang sudah mati dan floem terbuat dari sel yang masih hidup.
  3. Xilem memiliki dinding yang terbuat dari lignin dan berukuran tipis. Sementara itu, dinding floem terbuat dari selulosa dan mempunyai ukuran yang tebal.
  4. Membran sel yang dimiliki floem bersifat permeabel sehingga bisa dilewati air dan gas. Tetapi membran sel pada xilem bersifal selektif permeabel atau hanya dapat dilewati molekul-molekul tertentu.
  5. Jaringan sel floem dilengkapi dengan sitoplasma, sebaliknya pada xilem tidak memiliki sitoplasma.
  6. Aliran sel-sel xilem bergerak menuju ke tumbuhan bagian atas. Di sisi lain, aliran sel-sel floem mempunyai gerakan ke atas dan ke bawah.
  7. Jaringan yang menyertai xilem merupakan jaringan serabut. Namun jaringan yang menyertai floem adalah jaringan penggiring.
  8. Jika dilihat dari mikroskop, xilem berbentuk bundar dan berukuran cukup besar. Sedangkan floem memiliki ukuran yang kecil dan mengelilingi xilem.

sumber


Barangkali ada yang mau menambahkan?

Perbedaan antara Jaringan Xilem dan Floem apabila diringkas, adalah sebagai berikut :