Apakah perbedaan Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base

fave-eyeshadow-primer

Mungkin beberapa dari para wanita masih belum bisa membedakan apa itu Eyeshadow Primer dan Eyeshadow Base.

Terdapat perbedaan yang mendasar mengenai dua produk kosmetik ini. Eyeshadow primer fungsinya sama seperti face primer, yaitu mempersiapkan mata untuk semua produk yang akan dipakainya nanti, menahan minyak alami sehingga eyeshadow tidak menggumpal (yang artinya membuat tampilan eyeshadow tahan lebih lama), memperbaiki ketidakseimbangan warna kulit mata, membuat permukaan kulit lebih halus (yang artinya membuat eyeshadow lebih mudah untuk dibaurkan), dan lain lain. Eyeshadow primer pun biasanya memiliki konsistensi atau tekstur yang sama seperti face primer, yaitu ringan, mudah menyerap, dan cukup creamy.

Di lain pihak, eyeshadow base fungsinya hampir seperti foundation, yaitu sebagai kanvas sebelum kita mulai melukisnya. Fungsi lain dari eyeshadow base adalah membuat warna eyeshadow lebih cerah dan membuat produk lain seperti shimmer atau glitter lebih menempel. Eyeshadow base biasanya memiliki bentuk yang lebih padat/kental daripada eyeshadow primer, meskipun ada beberapa eyeshadow base yang tidak demikian. Banyak produk yang bisa dipakai untuk menjadi eyeshadow base, misalnya cream eyeshadow, gel liner, pencil liner, concealer, atau bahkan cream foundation.

Eyeshadow base pada dasarnya tidak memiliki kemampuan untuk menahan minyak alami pada mata, namun sekarang banyak industri kosmetik yang menampilkan dua fungsi ini dalam satu produk. Bahkan ada yang menambahkan shimmer atau tekstur matte di dalam formulanya sehingga menambah nilai plus dalam pemakaiannya.

Sumber

https://hasgoodlook.com/2015/05/24/eyeshadow-primer-dan-eyeshadow-base-bedanya/