Apakah perbedaan antara Ta'aruf dengan pacaran ?

pernikahan_islam

(Anita Putri Novitasari) #1

Apakah perbedaan antara Ta’aruf dengan pacaran ?


(Anita Putri N) #2

Ta’aruf merupakan langkah untuk mendapatkan Keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Warohmah. Untuk itu diperlukan kiat-kiat islami sebelum seseorang memutuskan untuk menikah. Ta’aruf dan pacaran adalah dua hal yang sangat berbeda. Jika dilihat dari segi tujuan dan manfaat yang didapatkan. Dalam berpacaran cara yang dilakukan untuk mengenal dan mengetahui hal-hal tertentu yang dimiliki pasangan dilakukan dengan metode yang tidak memenuhi kriteria suatu perkenalan sama sekali.

Kebanyakan dalam berpacaran hanya untuk mendapatkan kenikmatan sesaat, sehingga kebanyakan dari proses tersebut dapat mengantarkan seseorang ke jalan perzinaan dan maksiat dan ini merupakan Larangan Berpacaran Dalam Islam. Sedangkaan ta’aruf merupakan proses yang bertujuan untuk lebih mengenal kriteria calon pasangan kita.

Perumpamaan yang bisa digunakan untuk menggambarkan perbedaan antara pacaran dan ta’aruf adalah pada saat kita ingin membeli barang, misalnya motor. Pacaran diibaratkan membeli motor tanpa melakukan pemeriksaan mendetail guna mengetahui kondisi mesin kendaraan tersebut. Ia hanya melihat kondisi fisik, yaitu dengan memegang dan mencobanya sejenak.

Sedangkan ta’aruf diibaratkan melakukan pemeriksaan secara detail tentang keseluruhan kondisi barang tersebut, sehingga nantinya jika menemui kecocokan baru bisa dilakukan tawar menawar harga.

Dalam sebuah hadist yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Sanad Hasan, Rasulullah Sallalluhualaihi wassalam telah bersabda yang artinya:

“Jika salah seorang diantara kalian hendak melamar seorang wanita dan mampu melihat (tanpa sepengetahuan wanita tersebut), bagian dan anggota tubuh wanita tersebut, sehingga bisa menodorongnya untuk menikahinya, maka lakukanlah.”

Sumber : https://www.rappler.com/indonesia/ayo-indonesia/175033-perlu-tahu-tentang-taaruf