Apakah perbedaan antara Risk Priority dengan Risk Urgency?

Dalam Qualitative Risk Ananlysis ada satu metode yang disebut dengan Risk Urgency Assessment. Apa pengertiannya dan apa perbedaannya dengan Risk Priority?

Risk Urgency Assessment adalah menemukan risiko mana yang perlu diatasi dalam jangka pendek. Hal ini bisa diputuskan tergantung pada priotaritasi yang dilakukan menggunaan probability and impact matrix. Dua kualifikasi yang populer dalam teknik Qualitative Risk Analysis adalah risk priority dan risk urgency. Dua hal berbeda namun memiliki arti yang hampir sama.

Risk priority mengkombinasikan likelihood yang telah dinilai dari probabilitas risiko dan dampaknya. Risk urgency adalah dimensi risiko yang berbeda. Risk urgency lebih kepada mengrefleksi terhadap waktu kritis risiko itu terjadi.

Dengan menilai risk priority, manajer proyek dapat mengidentifikasi dan fokus terhadap risiko berprioritas tinggi. Dengan menilai risk urgency, manaje proyek dapat memastikan waktu yang tersisa sebelum tindakan atau respon perlu diimplementasikan. Maka dari itu, fokus utama risk priority adalah dampak, sedangkan fokus utama risk urgency adalah tindakan dan respon yang perlu diimplementasikan tepat waktu.

Sumber