Apakah perbedaan antara product roadmap dan release plan?

Secara bahasa, product roadmap dan release plan memiliki arti yang kurang lebih sama atau saling mendekati. Apakah ciri-ciri atau definisi yang dapat membedakan antara product roadmap dan release plan?

Sering terjadi perbedaan persepsi antara product roadmap dan release plan. Seorang manajer produk tidak bertanggung jawab terhadapt pengembangan project, sehingga tidak perlu memikirkan tanggal dan kapan produk tersebut akan selesai.

Seorang manajer produk bertugas untuk memetakan tahapan-tahapan yang perlu dijalankan oleh tim yang akan memenuhi visi produk Anda. Release plan adalah apa yang akan datang setelah tahapan penentuan spesifikasi dan persetujuan dari ide Anda.

Roadmap adalah tentang prioritas

Product roadmap adalah representasi visual dari masalah yang akan diselesaikan atau dicarikan solusinya. Jadikan roadmap sebagai alat komunikasi sebagaimana mestinya.

Gunakan roadmap untuk menyajikan struktur yang rapi, yang dibawakan dengan tema tertentu, mengenai struktur dari perencanaan di jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Tanggal yang spesifik akan membuat Anda kesulitan untuk mengubah prioritas di waktu yang akan datang. Apalagi dengan memaksa adanya deadline yang impossible untuk dicapai. Lebih banyak Anda menyiapkan diri kepada perubahan prioritas, maka semakin efektif pula anda akan menggerakkan produk anda maju kedepan, tanpa perlu menghentikan semuanya pada satu tahapan tertentu.

Release plan adalah tentang eksekusi

Release plan adalah alat yang digunakan oleh manajer proyek atau tim pengembang. Release plan tetap searah dengan rencana roadmap, tetapi hanya jika tiga tahapan dibawah ini telah diselesaikan:

  1. Mendefinisikan ide atau kebutuhan fitur
  2. Menyediakan sumberdaya yang tersedia
  3. Merencanakan tanggal rilis

Dari tiga tahapan diatas, Anda bertanggung jawab pada satu hal, yaitu mendefinisikan kebutuhan.
Setelah Anda mengumpulkan feedback, mendiskusikannya, menentukan spesifikasi dari fitur, dan membuat mockup yang sesuai, kirimkan hal tersebut kepada tim pengembang Anda, yang mana akan bertanggung jawab dalam merencanakan hal tersebut dan melakukan rilis produk.

Sumber: