Apakah perbedaan antara pemrosesan paralel dengan multitasking?

Apa yang membuat pemrosesan parallel berbeda dengan multitasking? Contoh apakah yang membuatnya berbeda?

Sebelum saya menjelaskan perbedaannya, saya akan menjelaskan tentang pengertian dari masing masing Teknik.
Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan.
Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.

Sedangkan, Multitasking adalah Tugas ganda adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada sebuah metode di mana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama.

Dari pengertian di atas, keduanya memiliki kesamaan yaitu bertugas ganda, yang berfungsi untuk mempercepat suatu perkerjaan. Menurut saya perbedaanya terdapat pada metode yang di gunakan pada teknik teknik di atas. Karena, teknik di atas merupakan sesuatu yang bisa dikatakan sama karena, mereka meliki tujuan yang sama, tetapi menggunakan cara yang berbeda.

Secara defenisi pemrosesan paralel adalah sebuah langkah yang memerlukan beberapa pengolah data yang menjadi sebuah sistem yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah instruksi secara bersama sama.

Sedangkan Multitasking adalah sebuah kemampuan dimana satu pengolah data mampu mengeksekusi beberapa data secara bersamaan.

Dalam penerapaannya pemrosesan parallel biasanya dapat ditemukan pada sebuah keorganisasian dimana banyak orang bekerjasama untuk mencapai sebuah tujuan yang telah direncanakan.

Multitasking di dalam kenyataannya cukup sulit untuk ditemukan tanpa bantuan teknologi, dan kebanyakan yang berkerja adalah teknologi tersebut. Semisal sebuah ac mampu membuat sebuah ruangan menjadi dingin dan membuat ruangan lainnya hangat.