Apakah perbedaan antara MVP dan MMP?

Seringkali kita mendengar istilah MVP dan MMP dalam menajemen produk. Apakah perbedaannya?

  • Minimum Viable Product (MVP)
    MVP bukan versi 1.0 dari sebuah produk. Inti dari MVP adalah untuk menguji dan memvalidasi asumsi dengan menggunakan sumber daya terbatas. MVP bisa menjadi halaman arahan yang membantu memvalidasi siapa pelanggan dan harga/penawaran produk. MVP juga bisa menjadi bagian dari software yang memberikan fitur yang memvalidasi asumsi yang dibuat tentang cara menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna.

  • Minimum Marketable Product (MMP)
    MMP dapat dianggap sebagai langkah praktis setelah MVP dalam jalur pengembangan produk. MMP memberikan fungsionalitas yang harus dimiliki untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Berbeda dengan MVP, MMP dapat menjadi versi 1 yang akan dirilis ke pasar. Dimulai dengan MMP berarti kita telah menetapkan target pengguna dan pasar serta memiliki pemahaman yang kuat tentang masalah yang coba dipecahkan dengan produk kita.

Source :

MVP

MVP (Minimum Viable Product) adalah versi dari sebuah produk yang dibuat dengan ‘sedikit’ usaha yang dapat digunakan sebagai pembelajaran yang tervalidasi. Pembelajaran tersebut dapat mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan. MVP juga digunakan untuk menjalankan eksperimen dan mengeksplorasi hipotesis mengenai apa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan. MVP lebih dekat ke prototipe daripada ke versi “nyata” dari produk akhir. Tim pengembang biasanya menyebarkan MVP ke sub kumpulan pelanggan yang potensial untuk menguji ide baru, mengumpulkan data, dan dengan demikian dapat belajar dari penglaman tersebut. MVP juga dibuat untuk dapat membantu tim menemukan fitur-fitur yang diminati pelanggan.

Minimal Marketable Product (MMP) adalah deployment pertama dari Minimal Marketable Release (MMR). Karena itu, istilah MMP dan MMR sering digunakan secara bergantian. MMP ditujukan untuk pengguna awal Anda, biasanya inovator dan pengguna awal. Kuncinya adalah untuk mengembangkan beberapa, bukan banyak, dengan demikian dapat fokus pada fitur-fitur utama yang akan menyenangkan atau memuaskan inovator dan pengguna awal. MMP adalah tool untuk mengurangi waktu awal (initial time) ke dalam market karena dapat dikembangkan lebih cepat daripada produk yang kaya akan fitur. MMP juga merupakan seperangkat fungsi terkecil yang memberikan value bagi market. Value tersebut dihasilkan melalui banyak cara, seperti diferensiasi kompetitif, menghasilkan pendapatan, dan penghematan biaya.

CombiningMVPandMMP-1

Sumber: https://agilesoftwareengineer.com/2013/08/28/minimum-viable-product-vs-minimum-marketable-product/
http://www.disciplinedagiledelivery.com/defining-mvp/
https://www.romanpichler.com/blog/minimum-viable-product-and-minimal-marketable-product/?doing_wp_cron=1523804670.8785920143127441406250