Apakah perbedaan antara Distribusi Saluran Komplementer dan Saluran Kompetitif ?

Penggunaan distribusi berganda yang dikenal ada dua jenis yaitu Saluran Komplementer dan Saluran Kompetitif.

Apa yang membedakan kedua distribusi ini? Bagaimana aplikasinya di kasus nyata?

Distribusi adalah suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam menyediakan suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh pengguna bisnis.

Beberapa strategi saluran distribusi adalah sebagai berikut :

1. Saluran komplementer, yaitu jika masing-maing saluran menjual produk yang tidak saling berhubugan atau melayani segmen pasar yang tidak saling berhubungan. Ada beberapa alasan mengapa strategi ini dipilih, yaitu :

  • Saluran distribusi yang ada telah mencapai titik jenuh, sehingga produk baru harus didistribusikan melalui saluran yang berbeda.

  • Saluran distribusi tradisional telah terhenti pertumbuhannya.

  • Perusahaan melayani suatu daerah yang pada suatu tempat penduduknya padat tetapi ditempat lain penduduknya jarang.

  • Karekteristik produk perusahaan tidak memenuhi syarat untuk disalurkan di suatu saluran, sehingga harus didistribusikan melalui saluran lain.

2. Saluran kompetitif, yaitu jika produk yang sama dijual melalui dua saluran yang berbeda tapi bersaing satu sama lain. Produksi selamanya akan diperlukan, bahkan mutlak harus ada. Akan tetapi, tanpa adanya distribusi yang baik, kekayaan yang di hasilkan hanya akan beredar pada beberapa orang, tidak mensejahterakan masyarakat secara keseluruhan dan akhirnya justru menimbulkan kesenjangan dan problematika.