Apakah Perbedaan Antara Besi Tuang Putih dan Besi Tuang Malleable?

Apakah Perbedaan Antara Besi Tuang Putih dan Besi Tuang Malleable ?
image
Besi tuang merupakan paduan besi-karbon,dengan kadar karbon yang lebih tinggi biasanya antar 2.5 – 4.0 persen karbon.Memiliki keuletan yang rendah , tidak dapat ditempa atau diroll, satu- satunya cara pembuatannya dengan penuangan.

Besi tuang putih yang biasa diproduksi adalah besi tuang putih hypoeutektik.Struktur dari besi tuang putih ini terdiri dari dendrit austenite ( yang telah menjadi perlit), yang dikelilingi oleh lapisan sementit. Karena sementit adalah struktur yang sangat keras dan getas, sehingga sulit untuk dimachining. Oleh karena itu besi tuang ini jarang digunakan ,ia dipergunakan hanya bila sifat tahan aus sangat diperlukan seperti untuk beberapa jenis drawing dies , ballmix dll.

Besi Tuang Malleable di buat dari besi tuang putih dengan suatu proses malleabelisasi. Malleabelisasi bertujuan untuk mengubah sementit besi tuang putih menjadi temper karbon dan ferrit. Besi tuang ini memiliki karbon berupa grafit berbentuk temper carbon. Besi tuang ini banyak digunakan untuk pipe fittings ,beberapa bagian peralatan mobil,alat pertanian, alat kereta api dan lain-lain.

Sumber:
Avner,Sidney H.1987. Introduction to Physical Metallurgy , Second Edition.Tokyo:McGraw-Hill International Book Company