Apakah perbedaan antara algoritma dan pemrograman?

Terkadang kita salah mengartikan antara algoritma adalah pemrograman, tetapi sebenarnya kedua hal tersebut berbeda dari segi tertentu.

Apakah perbedaan antara algoritma dan pemrograman?

Program:
Program secara pengertian adalah kumpulan pernyataan komputer. Program dibuat menggunakan bahasa program dan menggunakan cara penulisan (Syntax) program sendiri. Jadi program merupakan implementasi dari bahasa Program.

Ciri-Ciri :

  1. Hasil realisasi dari algoritma
  2. Ditulis menggunakan bahasa program
  3. Program disusun dan dieksekusi oleh komputer
  4. Implementasi dari bahasa pemrograman

Algoritma
Sementara algoritma adalah langkah-langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma bisa digunakan didunia nyata dan ditulis dengan bahasa manusia dengan peraturan penulisan khusus. Algoritma ini juga merupakan akar dari alur jalan suatu aplikasi dan diimplementasikan ke komputer menggunakan bahasa pemrograman.

Ciri-Ciri:

  1. Algoritma adalah pemikiran dari manusia yang menjadi inti dari program yang akan dilaksanan komputer
  2. Ditulis menggunakan bahasa manusia dengan aturan khusus
  3. Dapat diterjemahkan dalam bahasa program
  4. Output yang dikeluarkan program akan sama jika algoritma sama, jadi algoritma merupakan dasar dari suatu program yang akan dibuat.

ALGORITMA
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Yang artinya algoritma perlu dibuat terlebih dahulu sebelum membuat program, agar masalah yang telah didefinisikan dapat diselesaikan.

PEMROGRAMAN
Pemrograman merupakan sebuah kata berimbuhan yang memiliki kata dasar program. Program sendiri memiliki arti yaitu, beberapa perintah yang dijalankan oleh komputer atau alat elektronik lainnya, sehingga dapat memudahkan seseorang dalam beraktivitas atau menyelesaikan masalah. Sedangkan kata pemrograman memiliki arti yaitu, sebuah aktivitas membuat program. Kata pemrograman merupakan sebuah kata benda yang biasa dirangkai dengan kata – kata lainnya seperti bahasa pemrograman yang berarti bahasa yang digunakan pada saat membuat suatu program, atau contoh lainnya seperti mata kuliah pemrograman dasar, yang berarti mata kuliah yang mengajarkan tentang materi – materi dasar dalam membuat program.

Algoritma
Algoritma adalah sekumpulan pemikiran atau langkah logis untuk menyelesaikan suatu masalah, dan merupakan cikal bakal dari pemrograman. ciri dari algoritma :

  • berasal dari pikiran manusia
  • ditulis dengan bahasa manusia
  • memiliki aturan penulisan khusus
  • dasar dari suatu program
  • punya tahapan dan metode sistematis

Program
Program adalah sekumpulan pernyataan teks dalam bahasa komputer atau biasa disebut syntax yang punya aturan penulisan khusus. Ciri dari program :

  • realisasi dari algoritma
  • ditulis dengan bahasa komputer
  • dijalankan langsung oleh komputer
  • dasar pikiran berasal dari algoritma