Apakah Peran Gula dalam Masakan?

Gula atau glukosa tidak melulu berupa gula pasir saja, namun juga bisa didapatkan dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran. Berikut beberapa fungsi dari glukosa bagi tubuh.
hati-hati-gula-benar-benar-jadi-makanan-jahat-bagi-tubuh

Gula atau glukosa merupakan salah satu sumber karbohidrat yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utama gula dalam tubuh adalah sebagai bahan bakar energi sama halnya seperti lemak. Glukosa sendiri merupakan salah satu zat yang ada di dalam tubuh dan terutamanya ada di dalam darah. Glukosa sendiri berasal dari karbohidrat yang ada di dalam makanan dan kemudian diserap oleh beberapa bagian tubuh seperti organ hati dan otot rangka. Gula atau glukosa memiliki rasa manis yang bisa diperoleh dengan mudah di dalam buah-buahan maupun sayuran serta bahan makanan lainnya. Meskipun demikian rasa manisnya tidak semanis rasa gula tebu melainkan sedang saja dan bisa difermentasikan menjadi ragi.

Berikut adalah peran gula:

  1. Sebagai bahan bakar
    Di dalam tubuh saat mengonsumsi glukosa maka glukosa ini akan diubah menjadi karbondioksidan dan air ke dalam sel-sel tubuh sehingga sel-sel tubuh ini akan kembali memiliki energi dan tubuh bisa menjalankan aktifitasnya dengan baik. bukan hanya itu saja namun gula juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pertumbuhan. Proses penyerapan gula ini langsung dilakukan di dalam organ pencernaan dan langsung dialirkan ke dalam pembuluh darah dan menjadi bahan bakar utama dalam sel otak. Gula atau glukosa yang berlebih kemudian akan diubah menjadi glikogen dan disimpan di dalam organ hati. Glikogen adalah gula cadangan yang akan diubah kembali menjadi glukosa saat persediaan glukogen sebagai energi tubuh mengalami kekurangan.

  2. Sebagai sumber energi
    Jika anda mengalami cepat lelah dan lesu itu mungkin karena anda mengalami kekurangan gula atau glukogen. Hal ini disebabkan karena gula merupakan sumber energi utama bagi jaringan dan sel yang ada di dalam tubuh. jika tubuh mengalami kekurangan gula maka bisa menjadikan peredaran darah ke dalam sel dan jaringan menjadi lambat sehingga timbulah rasa lelah dan lesu yang berlebihan.

  3. Meningkatkan energi
    Pernahkah anda perhatikan bahwa hampir setiap menu sarapan yang dihidangkan selalu mengandung gula atau yang manis seperti susu dan teh manis? Hal itu sebenarnya sangat bagus dan sangat tepat menurut pedoman kesehatan. Gula merupakan pemasok sumber bahan bakar dan energi sehingga dengan mengonsums sarapan yang manis tubuh akan mendapatkan cukup energi untuk beraktifitas sehari-hari nantinya.

  4. Meningkatkan tekanan darah
    Tekanan darah yang menurun biasanya disebabkan oleh kinerja jaringan yang lamban dan kinerja ini sangat dipengaruhi oleh kadar glukosa dalam darah. nah, jika anda merasa lesu seketika maka anda mengalami kekurangan gula sebaiknya anda langsung makan atau minum yang cukup manis untuk menambah energi anda.

  5. Meningkatkan fungsi otak
    Bukan hanya tubuh saja yang akan mengalami lamban kinerja saat kekurangan gula, namun kinerja otak juga akan melamban. Hal ini dikarenakan peredaran darah menuju otak tidak akan maksimal jika tidak ada gula di dalamnya. jadi, jika anda merasa pusing dengan pekerjaan anda mungkin ini saatnya anda menambah asupan gula anda.

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang penting dalam proses pengolahan pangan terutama dalam pembuatan roti dan kue serta minuman segar. Dipasaran terdapat berbagai jenis gula yang umum digunakan untuk pengolahan pangan, diantaranya:

  • gula tebu
  • gula kelapa
  • gula aren
  • gula invert yang terdiri dari glukosa dan fruktosa
  • molase
  • laktosa
  • maltosa

Fungsi gula dalam pengolahan makanan antara lain:

  1. Memberikan rasa manis
  2. Makanan khamir selama fermentasi roti
  3. Membantu dalam pembentukan warna
  4. Sebagai bahan pengawet
  5. Menambah nilai nutrisi produk