Apakah Penyebab Ulkus Duodenum?

image

Untuk memahami bagaimana ulkus duodenum bisa terjadi, akan lebih mudah apabila kita terlebih dahulu memahami proses kerja asam lambung dan sistem pencernaan manusia. Apakah Penyebab Ulkus Duodenum?

Sebagian besar kasus ulkus duodenum disebabkan oleh infeksi bakteri helicobater pylori (H. pylori). Normalnya, bakteri ini hidup di lapisan pelindung mukus dan berfungsi untuk melawan bakteri-bakteri yang berbahaya. Namun pada sebagian orang, bakteri ini malah merusak lapisan pelindung mukus dan menyebabkan peradangan. Penyebaran infeksi bakteri ini belum dapat dipastikan, tapi diduga bakteri ini dapat ditulari dari kontak langsung atau melalui makanan dan air.

Selain infeksi bakteri H pylori, konsumsi obat-obatan antiinflamasi nonsteroid /OAINS (seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen sodium) secara teratur juga dapat menyebabkan iritasi pada lapisan pelindung dinding usus halus. Obat-obatan tadi biasanya dikonsumsi penderita dewasa untuk mengatasi penggumpalan darah, arthritis, dan nyeri otot. Penyebab ulkus duodenum lainnya yang jarang terjadi adalah sindrom Zoolinger-Ellison. Sindrom ini menyebabkan jumlah asam lambung lebih banyak sehingga menimbulkan ulkus duodenum.

Di samping penyebab, beberapa faktor juga dapat membuat kondisi ulkus duodenum bertambah buruk atau sulit sembuh, yaitu:

  • Mengalami stress yang tidak tertangani.
  • Mengonsumsi makanan pedas.
  • Merokok.
  • Mengonsumsi alkohol.
  • Berusia di atas 70 tahun.
  • Memiliki riwayat mengidap ulkus duodenum.