Apakah Penyebab Tumor Jinak Parotis?

image

Kelenjar parotis merupakan salah satu dari tiga buah kelenjar air liur (saliva) yang ada di dalam tubuh manusia. Apakah Penyebab Tumor Jinak Parotis?

Tumor parotis disebabkan oleh mutasi DNA pada sel-sel kelenjar parotis. Mutasi pada DNA menyebabkan sel-sel kelenjar parotis mengalami pembelahan dengan cepat dan terus-menerus. Sel-sel yang mengalami pembelahan ini akan membentuk tumor dan jika cukup ganas akan membentuk jaringan kanker. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena tumor parotis adalah sebagai berikut:

  • Usia. Meskipun tumor kelenjar parotis dapat terjadi pada siapa saja, umumnya penderitanya adalah lansia.
  • Paparan radiasi. Radiasi untuk pengobatan kanker pada bagian kepala atau leher dapat meningkatkan risiko munculnya tumor pada kelenjar parotis.
  • Paparan terhadap senyawa kimia tertentu. Beberapa orang yang bekerja pada penambangan asbestos, pabrik pipa atau pabrik karet memiliki risiko terkena tumor kelenjar air liur lebih tinggi.
  • Infeksi virus. Contoh virus yang terkait dengan kemunculan tumor pada kelenjar air iur adalah HIV dan virus Epstein-Barr.
  • Kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok meningkatkan risiko seseorang terkena tumor Warthin 8 kali lebih besar dibanding bukan perokok.
  • Penggunaan telepon seluler. Beberapa penelitian menunjukkan ada dugaan hubungan antara penggunaan telepon seluler secara terus-menerus dengan risiko tumor kelenjar parotis.

Sumber : www.alodokter.com