Apakah Penyebab Toksoplasmosis?

Jika parasit tersebut menyerang orang dewasa, maka biasanya sistem kekebalan tubuhnya bisa mengatasi infeksi. Apakah Penyebab Toksoplasmosis?

image

Infeksi toksoplasmosis disebabkan oleh parasit bernama Toxoplasma gondii (T. gondii). Parasit ini bisa menginfeksi mayoritas hewan dan burung. T. gondii bisa ditemukan pada kotoran kucing yang terinfeksi, serta daging binatang yang terinfeksi.
Karena parasit T.gondii hanya bisa berkembang biak pada kucing liar dan peliharaan, maka hewan tersebut menjadi inang utama darinya. Namun, kucing-kucing yang terinfeksi parasit T. gondii biasanya tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu.

Parasit ini mampu bertahan sampai beberapa bulan hidup di tanah atau air. Ada beberapa cara parasit T. gondii masuk ke tubuh manusia, yaitu:

  • Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci atau minum air yang terkontaminasi kotoran kucing.
  • Memasukkan tangan yang terkontaminasi tanah atau kotoran kucing ke mulut.
  • Mengonsumsi daging mentah atau setengah matang.
  • Menggunakan peralatan yang telah terkontaminasi dengan daging yang terinfeksi, seperti pisau, gunting, dan talenan bekas daging mentah terinfeksi.
  • Meminum susu kambing mentah yang terinfeksi atau produk yang terbuat darinya.

Akan tetapi parasit T. gondii tidak bisa menular antar manusia, sehingga seseorang tidak bisa menularkan infeksi T. gondii pada anaknya, tertular T. gondii karena bersentuhan dengan penderita, serta menularkan parasit T. gondii melalui ASI. Kecuali dalam beberapa kasus seperti melalui prosedur transplantasi organ yang terinfeksi atau ibu hamil yang sedang terinfeksi fase akut dapat menularkan janinnya.

Sumber : www.alodokter.com