Apakah Penyebab Tiroiditis?

Tiroiditis adalah istilah medis untuk peradangan atau pembengkakan yang terjadi di kelenjar tiroid. Apakah Penyebab Tiroiditis?
image

Penyebab Tiroiditis
Penyebab tiroiditis berbeda-beda, tergantung dari jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis tiroiditis dan penyebabnya:

  • Tiroiditis Hashimoto – Tiroiditis jenis ini paling sering terjadi, di mana penyebabnya adalah kondisi autoimun. Kondisi autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh tanpa sengaja menyerang kelenjar tiroid hingga perlahan menjadi bengkak dan akhirnya rusak. Kerusakan ini menyebabkan kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup sehingga kadar hormon tiroid dalam darah menjadi rendah, atau yang disebut dengan hipotiroidisme.
  • Tiroiditis postpartum – Kondisi ini menyerupai tiroiditis Hashimoto, di mana penyebabnya adalah autoimun. Namun, tiroiditis ini hanya dialami oleh wanita setelah melalui proses persalinan. Pada hampir sebagian besar kasus, kadar hormon tiroid akan kembali normal dalam waktu 12 bulan setelah melahirkan.
  • Tiroiditis silent/painless – Tiroiditis silent/painless juga disebabkan oleh kondisi autoimun. Pada awalnya, kadar hormon tiroid dalam darah akan meningkat karena kelenjar tiroid bekerja secara berlebihan. Setelah itu, kelenjar tiroid akan mengalami suatu fase kelelahan, di mana akhirnya kadar tiroid akan turun di bawah normal. Tiroiditis silent ini biasanya akan sembuh sendiri dalam 12 hingga 18 bulan.
  • Tiroiditis yang diinduksi obat – Beberapa obat dapat menjadi pemicu tiroiditis, adalah jenis agen obat kanker, lithium, amiodarone, dan interferon. Obat-obat ini dapat membuat kelenjar tiroid menjadi sangat aktif atau sebaliknya, tidak berfungsi dengan baik. Gejala biasanya akan hilang saat pemberian obat dihentikan.
  • Tiroiditis yang diinduksi radiasi – Pengobatan radioterapi atau radioaktif yodium yang biasanya digunakan untuk mengobati kanker juga dapat merusak kelenjar tiroid dan memengaruhi jumlah hormon tiroid yang dihasilkan.
  • Tiroiditis subakut atau de Quervain – Pembengkakan kelenjar tiroid yang dipicu oleh infeksi virus, seperti flu atau penyakit gondok. Kondisi ini umumnya dialami oleh perempuan berusia 20-50 tahun.
  • Tiroiditis akut atau infeksi – Kondisi ini dipicu oleh infeksi bakteri dan tergolong kondisi yang jarang ditemui dan biasanya menyerang anak-anak.

Sumber : tiroiditis