Apakah Penyebab Skistosomiasis?

Skistosomiasis (bilharzia) adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit skistosoma yang ditemukan di air tawar, seperti kolam, danau, sungai, waduk, dan air kanal di negara dengan cuaca tropis dan subtropis. Apakah Penyebab Skistosomiasis?

image

Schistosomiasis adalah penyakit yang disebabkan cacing parasit yang hidup di air di daerah subtropis dan tropis. Schistosomiasis juga dikenal sebagai bilharzia atau “demam siput”. Penyakit ini menyerang usus dan sistem urinasi terlebih dahulu, namun karena cacing tinggal di dalam darah, schistosomiasis dapat menyerang sistem lainnya.

Bagian tubuh yang terpengaruh penyakit ini akan tergantung dari spesies parasit. Beberapa spesies dapat mempengaruhi paru-paru dan saraf tulang belakang, otak dan sistem pusat saraf. Parasit ini paling umum ditemukan di Afrika, namun juga terdapat di bagian Amerika Selatan, Karibia, Timur Tengah dan Asia.

Sering kali Anda tidak akan mengalami gejala saat pertama kali terinfeksi dengan schistosomiasis, namun parasit dapat tinggal di dalam tubuh selama bertahun-tahun dan menyebabkan kerusakan pada organ, seperti kemih, ginjal dan hati. Bilharzia sering kali tidak langsung fatal, namun kronis yang dapat merusak organ internal dengan serius. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan menurunnya pertumbuhan dan perkembangan kognitif pada anak-anak.