Apakah penyebab kebotakan?

Dalam bahasa Indonesia, kata “botak” dibedakan dari kata “gundul”. Seseorang yang gundul, rambutnya biasanya dipangkas secara sengaja, sedangkan orang yang botak rambutnya rontok karena bermasalah atau penyakit. Apakah penyebab kebotakan?

image

penyebab yang menyebabkan kebotakan di usia muda adapun beberapa penyebab terebut adalah

  • Keturunan
    Keturunan bisa menjadi hal yang paling mendasar, jika hormon yang diturunkan dari kedua orang tuanya sama maka hormon tersubut juga akan membuat tumbuh rambut anak menjadi tidak baik dan tentu hal ini bisa menyebabkan kebotakan terutama kebotakan pada usia muda.

  • Usia sudah tua
    Usia yang menjelang tua biasa ditandai dengan habisnya rambut-rambut. Pada usia tua ini hormon tentu sudah berubah sudah tidak akan sesubur dahulu. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan pada rambut kurang subur dan menyebabkan kerontokan dan kebotakan pula pada rambut. Meskipun ini bukan penyebab kebotakan pada usia muda tetapi hal ini juga perlu diketahui.

  • Adanya perubahan hormon
    Hormon mempengaruhi semua pertumbuhan termasuk pada pertumbuhan rambut, hormon dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi baik dan juga buruk. Jika hormon yang ada dalam rambut sesuai dengan pertumbuhan rambut maka rambut dapat tumbuh subur, tetapi jika hormon dalam rambut tidak sesuai dengan kondisi rambut maka akan menyebabkan kerontokan dan kebotakan.

  • Demam
    Demam bisa jadi membuat rambut menjadi rontok dan tidak berdaya. Ketika seseorang mengalami demam ia akan mengalami pula gangguan pada kepala terutama pada kulit kepala. Gangguan pada kulit kepala ini akan membuat kulit kepala menjadi tidak sehat dan tidak normal. Kulit kepala yang tidak sehat dan tidak normal ini akan menyebabkan kerontokan terjadi pada kulit kepala sehingga menjadi penyebab kebotakan. Jika hal ini terjadi di usia muda maka akan terjadi pula kebotakan di usia muda.