Apakah penyebab gigi tumbuh disamping gigi graham atas?

Apakah penyebab gigi tumbuh disamping gigi graham atas? bagaimana cara mengatasinya? apakah harus dicabut?
https://uangteman.com/blog/wp-content/uploads/2016/02/biaya-membersihkan-karang-gigi.jpg

Macam macam gigi berdasarkan fungsinya dibagi ke dalam beberapa kelompok. Diantaranya adalah gigi seri, gigi taring dan gigi geraham atau gigi bungsu. Berbeda dengan gigi seri dan taring yang dapat tumbuh pada usia balita, gigi geraham baru tumbuh saat usia 17 hingga 21 tahun. Gigi geraham bungsu mempunyai manfaat bagi manusia, yaitu untuk mengunyah makanan-makanan yang mentah.
ads

Namun seiring perkembangan zaman, makanan manusia menjadi lebih halus. Sehingga manusia tidak membutuhkan gigi geraham bungsu lagi. Pertumbuhan gigi geraham biasanya dapat menimbulkan masalah misalnya gigi geraham goyang sakit. Gigi geraham juga bisa mengalami pertumbuhan yang salah, seperti misalnya Gigi Geraham Bungsu Tumbuh miring. Kondisi ini berbahaya dan penderitanya perlu berkonsultasi pada dokter gigi.

Penyebab Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Miring

Ukuran rahang manusia zaman sekarang jika dibandingkan dengan pendahulu mereka jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan makanan mentah seperti daging, sayuran dan akar-akaran yang biasa dikonsumsi manusia masa lalu. Gigi geraham bungsu dapat membantu mereka dalam mengunyah makanan-makanan tersebut. Namun sekarang ini, makanan manusia sudah menjadi semakin halus. Ukuran rahang manusia sekarang pun berubah menjadi semakin kecil.

Kondisi mengecilnya rahang menyebabkan gigi geraham bungsu jadi tidak memiliki tempat untuk tumbuh. Maka dari itu, untuk mencari tempat tumbuhnya sendiri, Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Miring akan terjadi. Gigi geraham bungsu akan tumbuh mengarah pada tempat yang lebih luas. Sama seperti tanaman yang tumbuh mengarah ke matahari. Cabut gigi sebanyak dua hingga empat kali untuk merapikan susunan gigi dan menggunakan kawat gigi beresiko menyebabkan gigi geraham bungsu tumbuh miring. Selain itu, orang yang kehilangan gigi tetapnya di bagian belakang rahang juga beresiko mengalami gigi geraham tumbuh miring.
Sumber :

http://ciptadent.co.id/
https://www.dentassure.com/konsultasi-gigi