Apakah penyebab burung tidak mau makan jangkrik ?

burung

(Dinda Hudaifa) #1

image

Apakah penyebab burung tidak mau makan jangkrik?


(Stella A) #2

1. Masalah psikologis / traumatis

Sama seperti manusia, burung dan satwa lainnya juga bisa mengalami stres ringan, stres berkepanjangan, bahkan gangguan psikologis lainnya yang mengarah pada trauma.Burung yang trauma makan jangkrik biasanya bermula dari adanya perlawanan jangkrik, seperti meronta bahkan menggigit bagian dalam rongga mulutnya ketika serangga ini belum mati. Apalagi jangkrik yang diberikan berukuran besar, dengan kulit dan daging yang lumayan keras.

2. Sakit pada saluran pencernaan

Kasus lain yang sering terjadi adalah burung mengalami gangguan pada saluran awal pencernaannya, yaitu mulut, kerongkongan (esofagus), dan tembolok (crop). Sebab dalam ketiga organ pencernaan ini, jangkrik belum mengalami proses pencernaan seutuhnya.

3. Burung kehilangan nafsu makan akibat sakit

Sebagian penyakit burung memiliki gejala klinis berupa penurunan nafsu makan. Jika burung sudah mulai jarang mengkonsumsi pakan dalam bentuk apapun, tentu jangkrik dalam cepuk pun tidak akan disentuh. Khusus untuk faktor penyebab ini, satu-satunya terapi adalah menyembuhkan penyakitnya. Kalau burung sudah sehat, tentu dia mau makan lagi, termasuk makan jangkrik.

Source:
https://omkicau.com/2014/03/17/menyiasati-burung-yang-tak-mau-makan-jangkrik/