Apakah penyebab anjing suka menggigit barang-barang?

Anjing saya suka menggigit barang-barang di rumah, misalnya sofa. Hal tersebut menurut saya mengganggu, karena sofa sampai rusak. Apakah penyebab anjing demikian?

Terdapat beberapa penyebab mengapa anjing suka menggigit barang-barang di rumah.

  1. Masa balita
    Seperti pada balita manusia yang suka memasukkan barang-barang ke mulutnya, anak anjing pun juga suka menggunakan mulut mereka untuk mengeksplorasi dan memahami dunia di sekitarnya. Jika kebiasaan ini terjadi pada anak anjing maka dengan sendirinya akan hilang seiring bertambahnya usia.
  2. Bosan
    Anjing yang mempunyai kelebihan energi tak tersalurkan biasanya menyalurkannya dengan cara lain, salah satunya menggigit. Coba nilai kembali tingkat kegiatan yang sudah kita sediakan untuk anjing kita.
  3. Separation anxiety
    Jika kebiasaan menggigit hanya terjadi ketika kita tak di rumah, bisa jadi anjing kita mengalami gejala separation anxiety.
  4. Masalah medis
    Kekurangan nutrisi tertentu bisa memicu ‘pica’ – insting memakan sesuatu yang bukan makanan, misalnya kotoran, kerikil, bohlam lampu, kain, dan lain-lain selain makanan. Anjing yang juga menderita masalah pencernaan biasanya juga menggunakan gigitan untuk memicu muntah agar ia merasa lega. Kalau kebiasaan menggigit ini terjadi secara tiba-tiba, kemungkinan besar disebabkan oleh masalah medis ketimbang masalah perilaku. Sebaiknya segera bawa anjing ke dokter hewan untuk diperiksa.

Sumber:
https://petlogue.com/curation/sofa-di-rumah-habis-digigitin-anjingmu-jangan-marah-dulu-kenali-penyebab-perilaku-buruk-anjingmu-dan-bagaimana-mengatasinya/