Apakah penyakit Ringworm termasuk penyakit jamur pada Musang? Apa perbedaan penyakit ini dengan penyakit jamur yang biasanya?

image

Pasti akan ribet saat hewan Musang peliharaan kita terkena penyakit dengan nama Ringworm. Apalagi bila Musangnya berbulu panjang maka akan semakin ribet. Dan hal ini dapat menular ke hewan lain. Sangat berbahaya pastinya.

Ringworm bukan penyakit cacing (meskipun ada kata worm), tetapi sebangsa jamur yang menyerang kulit. Penyakit ini juga menular ke manusia.

Tanda-tanda :
penyakit ini pada anjing maupun manusia cukup khas, berupa kegundulan pada bulu anjing / musang berbentuk cincin (ring) sehingga disebut ringworm dengan pinggir berwarna merah. Kelembaban pada kulit mendorong tumbuhnya ringworm. Oleh karena itu, dianjurkan mengeringkan bulu anjing dengan baik, agar tidak mudah tertular ringworm.Jamur penyebab ringworm memang ada di alam.

Pengobatan :
Berdasarkan pengalaman kami, untuk mengatasi penyakit yang disebabkan jamur, kami mengunakan Kalpanak (obat Panu & Kurap) yang telah diencerkan dengan air. Caranya : Basahkan kapas dengan air dan peras, lalu teteskan Kalpanak dan usapkan dengan kuat pada tempat yang berjamur.