Apakah Penyakit Periodontal Memicu Risiko Kanker Payudara?

Periodontal secara harfiah dapat diartikan sebagai “sekitar gigi”. Penyakit periodontal mengacu pada infeksi bakteri kronis pada gusi dan tulang pendukung gigi. Penyakit ini dapat mempengaruhi satu atau beberapa gigi dan jika tidak segera diobati, dapat menyebabkan decay (pembusukan gigi).
asw

Penyakit periodontal juga sering diasosiasikan dengan beberapa penyakit kronis seperti: pneumonia, kanker prostat, stroke, dan diabetes. Saat ini muncul satu kabar terbaru bahwa penyakit periodontal ini juga dapat memicu risiko penyakit kanker payudara pada wanita yang sedang mengalami masa post-menopause.

Para wanita yang sedang berada pada masa post-menopause dilaporkan mengalami penyakit gusi dan diperkirakan sekitar 14% dari mereka mengalami peningkatan risiko terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak mengidap penyakit ini. Selain itu, wanita yang mempunyai riwayat sebagai perokok aktif dilaporkan juga memiliki risiko yang lebih tinggi mengidap penyakit periodontal ini.

Prof. Jo L. Freudenheim, PhD yang berprofesi sebagai Interim Chair of the Department of Epidemiology and Environmental Health, School of Public Health and Health Professions di University of Buffalo, New York bahwa kebiasaan merokok sangat erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit periodontal.

Seseorang yang mengalami penyakit periodontal akut yang berujung pada pembusukan gigi, diperkirakan terjadi infeksi pada sirkulasi darah yang diakibatkan oleh bakteri dan virus epstein-barr serta virus cytomegalo yang dapat menyerang sistem imun tubuh penderita. Infeksi bakteri dan virus inilah yang disinyalir kuat menjadi pemicu kanker payudara.

sumber: https://gakken-idn.id/articles/penyakit-periodontal-memicu-resiko-kanker-payudara