Apakah penting menguasai beberapa bahasa? dan apa manfaat dari menguasai beberapa bahasa?


Bahasa adalah hal yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain, membantu kita memahami maksud dan perasaan orang lain. Menurut kalian seberapa penting menguasai beberapa bahasa ? dan apa manfaat yang kita peroleh dari menguasai beberapa bahasa tersebut ?

Menurut saya menguasai beberapa bahasa merupakan sebuah skill yang sangat penting. Mengerti dan dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa yang dikuasai mampu menjadi keunikan tersendiri. Memang untuk benar-benar menguasai berbagai bahasa sangat sulit, namun menurut saya setidaknya mengerti. Di era sekarang ini, menurut saya setidaknya kita dapat berbicara, membaca, dan menulis setidaknya dua bahasa, pertama bahasa sehari-hari kita (Bahasa Indonesia atau bahasa daerah), kedua adalah bahasa internasional, Bahasa Inggris. Namun, jika dapat menguasai lebih dari dua bahasa, menurut saya itu yang menjadi keunikan tersendiri.

Tentu saja penting. Selain menambah kemampuan kita dalam urusan berbahasa asing, belajar banyak bahasa ternyata juga memiliki efek baik terhadap kesehatan kita. Contohnya :

  • Meningkatkan efektivitas kinerja otak
    Kemampuan kognitif atau kinerja otak akan lebih efektif ketika belajar Bahasa asing, karena bahasa termasuk bentuk stimulasi otak yang baik. Mempelajarinya membuatmu mengingat dan mengerti berbagai konsep susunan kata juga tata bahasa. Hal ini akan membuat orang yang berbicara lebih dari satu bahasa (bilingual) lebih fokus dalam mengerjakan tugas. Mereka bahkan dikatakan lebih mudah menemukan kesalahan pada suatu informasi yang tidak berkesinambungan. Tak hanya itu, orang bilingual pun dianggap dapat memanfaatkan ingatannya dengan lebih efisien. Seiring berjalannya waktu, keuntungan belajar bahasa asing pun semakin meningkat. Pasalnya, belajar bahasa dapat memperlambat kecepatan volume otak berkurang. Penutur bilingual dinilai memiliki volume otak lebih besar atau biasa disebut cadangan kognitif. Cadangan ini menjaga kinerja otak mereka tetap tajam dan tidak pikun.

  • Menunda terjadinya demensia
    Terciptanya cadangan kognitif juga membuat otakmu lebih tahan dari kerusakan. Hal ini dibuktikan dengan penundaan munculnya demensia sekitar 4-5 tahun pada orang yang berbicara lebih dari satu bahasa. Demensia yang biasa muncul di usia 71 tahun, umumnya baru terjadi di usia 75 tahun pada penutur bilingual. Bahkan, meski sudah terkena demensia seperti Alzheimer, penutur bilingual memiliki kemampuan kognitif lebih baik daripada penderita Alzheimer monolingual (hanya bicara satu bahasa). Tak hanya demensia, penderita stroke dengan keahlian berbahasa asing pun lebih cepat memulihkan kemampuan kognitifnya dibanding mereka yang hanya bicara satu bahasa.

  • Mendukung pola pikir rasional dan kreatif
    Setiap bahasa memiliki karakter tersendiri. Sehingga, mempelajari bahasa asing membuatmu mengetahui lebih dalam tentang berbagai budaya, konsep berpikir, juga sudut pandang untuk menilai sesuatu. Hal ini secara tak langsung membuatmu lebih kreatif dan rasional dalam memecahkan masalah maupun mengambil suatu keputusan. Tak hanya itu, lancar berbahasa asing pun disebut baik untuk kesehatan mentalmu. Anak-anak yang belajar bahasa asing dinilai kurang mudah mengalami frustasi.

Summary

Ini Beragam Manfaat Belajar Bahasa Asing untuk Kesehatan - Alodokter

Menurut saya menguasai beberapa bahasa memang sangat penting, mengingat skill berbahasa asing kini sangat mempengaruhi jenjang karier dan pendidikan. Orang yang mempunyai skill berbahasa mempunyai banyak peluang untuk melanjutkan studi ke luar negeri dan bekerja di perusahaan internasional. Penguasaan beberapa bahasa asing juga memiliki dampak yang sangat luas, karena kemampuan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan juga memiliki karakter yang baik, karena dapat mengontrol perilaku diri sendiri.

Summary

Pentingnya Kuasai Bahasa Asing Bagi Mahasiswa – Radio RDK

Jika berbicara mengenai penguasaan Bahasa Asing pasti sangat penting dan mempunyai manfaat, walaupun kita belum pernah mengunjungi negara tersebut karena hal ini dapat menjadi nilai jual dari diri kita. Selain itu yang lebih penting lagi penguasaan Bahasa asing menjadi sebuah keharusan di era globalisasi seperti sekarang, karena banyak instrumen Bahasa yang akan kita pakai di kehidupan sehari-hari misal dalam pekerjaan dimana bahasa asing digunakan sebagai persyaratan dan misal banyak produk-produk yang berbahasa asing dan lain sebagainya. Secara tidak langsung kita dituntut untuk dapat berbicara dan mengerti Bahasa asing agar dapat mengikuti perkembangan globalisasi. Hal ini tidak hanya berlaku untuk Bahasa asing saja tetapi juga penguasaan Bahasa daerah.

Menurut saya banyak sekali manfaat jika kita dapat menguasai beberapa Bahasa khususnya bahasa asing yang sedang banyak diperlukan di dunia pekerjaan. Yang pertama, menurut saya orang yang dapat menguasai beberapa Bahasa merupakan orang yang pekerja keras dan keinginan belajar yang tinggi sehingga nanti nya akan menjadi branding dari dirinya untuk dapat melamar pekerjaan. Yang kedua, saya percaya bahwa dengan belajar Bahasa asing secara terus menerus dapat membuat kinerja otak semakin meningkat, karena ini akan menstimulasi otak untuk mencerna kata-kata yang kurang familier. Yang ketiga, orang yang menguasai beberapa Bahasa mudah untuk fokus dalam belajar atau pekerjaannya, karena ia sudah terbiasa untuk belajar beberapa Bahasa yang membutuhkan fokus yang tinggi dan yang keempat yaitu dengan penguasaan Bahasa asing kita akan lebih meningkatkan percaya diri dan akan lebih dihargai.

Dengan penguasaan Bahasa asing maka akan terbuka luas juga pemikiran kita terhadap sesuatu serta pengetahuan kita terhadap negara tersebut. Menurut saya hal tersebut bukan hal yang tidak penting, tetapi akan lebih baik jika menjadi pengetahuan lebih untuk diri kita, dengan begitu ilmu yang kita dapatkan akan lebih luas dan dari berbagai perspektif.

Bahasa, hal yang mungkin beberapa tahun lalu bukan hal utama yang sangat menentukan karir masa depan namun setelah saya lihat-lihat, rata rata perusahaan itu membutuhkan calon karyawan nya untuk setidaknya mahir dalam 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, berarti bisa kita simpulkan sangat penting untuk memahami bahasa itu sendiri, mau itu verbal atau non verbal. Selain itu manfaat dari memahami bahasa adalah beberapa yang disebutkan oleh tautan dibawah ini, Semoga Bermanfaat dan Yuk Semangat untuk belajar bahasa!

5 Manfaat Menguasai Bahasa

Menurut aku, menguasai beberapa Bahasa itu sangat penting, disamping itu juga keren. Kenapa? Karena gak semua orang memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar agar bisa menguasai berbagai Bahasa. Dari menguasai beberapa Bahasa pastinya banyak banget manfaat yang dapat kita peroleh, seperti bisa mengerti, memahami, membaca, berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan Bahasa tersebut, dll. Menurut aku orang yang menguasai berbagai Bahasa itu juga pintar, karena dia mau belajar dengan sungguh-sungguh untuk menguasai Bahasa tersebut. Dan pastinya untuk menguasai bahasa tidaklah mudah, belajar Bahasa bukanlah suatu hal yang prosesnya hanya membutuhkan waktu yang sebentar. Dengan rasa tekun yang dimiliki, rasa curiosity yang tinggi, rasa ingin belajar atau niat yang tinggi, maka kita bisa untuk menguasai Bahasa yang kita ingin pelajari.

Jujur, aku pengen banget bisa nguasain berbagai Bahasa, kayak Korea, Mandarin, Spanish, German, dll. Tapi ingin ngerealisasiinnya susah banget hehe. Aku belum nemuin niat dan semangat yang tinggi dari diri aku untuk memulai belajar Bahasa. Menurut aku pribadi, untuk ngumpulin niat doang juga lumayan susah. Kalau emang belom ada dorongan dari hati ya gak bakalan mulai :frowning_face: So that’s why orang yang bisa nguasain berbagai Bahasa menurut aku itu keren banget.

Oh ya balik lagi ke manfaat, menguasai berbagai Bahasa di dalam dunia kerja itu bisa juga jadi nilai plus, terus juga punya possibility yang besar untuk kerja di departemen luar negri. Kalau nonton film atau drama dari luar, kita juga gaperlu fokus untuk membaca subtitlenya, terus juga kita bisa punya temen dari luar negri, karena kita bisa berkomunikasi satu sama lain, dan yang terakhir, kalau kita pergi ke luar negri, kita gaperlu translator, karena kita udah bisa untuk mengimplementasi Bahasa yang udah kita kuasain.

Aku rasa banyak yang setuju juga kalau orang yang multilanguage itu pintar banget karena mereka memiliki otak yang digunakan untuk mengenali, mencerna, dan mengkomunikasikan struktur bahasa lain selain native languagenya. Semakin banyak seseorang membaca maka ia akan menguasai banyak kosa kata dan mampu menyusun kata-kata dengan baik sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbicaranya. Selain itu, dapat meningkatkan daya ingat otak dan dapat memperluas daya pikir yang kreatif dan fleksibel. Itulah mengapa orang yang multilanguage dapat dikatakan pintar dan unik.

Menguasai beberapa bahasa memiliki banyak manfaat dan dapat memberikan efek positif pada diri kita seperti:

  1. Memudahkan untuk mendapatkan beasiswa dari luar negeri. Meskipun tetap harus bersaing, tetapi dengan kita menguasai bahasa asing itu akan jauh lebih berpontensi untuk mendapatkan beasiswa luar negeri terlebih jika itu bahasa internasional yaitu bahasa inggris.
  2. Memudahkan mendapatkan pekerjaan. Di era sekarang ini banyak perusahaan yang sudah memasukkan persyaratan kemampuan bahasa asing dalam kualifikasi untuk calon karyawannya. Hal tersebut tentu akan menjadi sebuah peluang yang besar bagi kita yang memiliki kemampuan bahasa asing. Kemampuan bahasa asing juga dianggap sebagai soft skill yang dapat menunjang dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Menurutku menguasai beberapa bahasa itu penting karena dengan menguasai beberapa bahasa itu akan menjadi keunikan seseorang dan akan meningkatkan personal branding seseorang juga. Aku juga sekarang sedang berusaha untuk mempelajari beberapa bahasa contohnya bahasa inggris dan bahasa korea karena aku merasa bahwa menjadi orang yang multilanguage itu perlu dan penting banget untuk dikuasai. Tentunya semua orang bisa kok menjadi seseorang yang multilanguage asal ada kemauan dan niat untuk belajar.

Sumber

7 Alasan Penting Kenapa Belajar Bahasa Asing

Menurut saya, penting untuk mempelajari banyak bahasa, terlebih bahasa dari negara-negara besar di dunia. Saya sendiri masih belum menguasai bahasa inggris, tetapi sekarang masih berusaha untuk meningkatkan skill bahasa inggris saya. Disamping itu, saya juga tertarik untuk belajar bahasa baru. Dilansir dari The Coversation, bahwa terdapat banyak alasan untuk belajar banyak bahasa.

Pertama, belajar bahasa baru mendapat pengetahuan baru. Tentu saja, ketika kita belajar bahasa baru maka kita akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Dapat menceritakan dan berbagi pengalaman dalam belajar bahasa baru, apakah susah atau gampang.

Kedua, menambah skill bahasa. Setelah selesai belajar bahasa asing, kita dapat mengambil tes untuk mengukur kemampuan bahasa kita. Apabila sudah mendapatkan hasilnya, maka kita dapat mencantumkan hasilnya dalam CV, LinkedIn, dan berbagai hal lainnya yang dapat digunakan untuk menambah kesempatan dalam bekerja.

Ketiga, menjadikan hidup lebih menarik. Siapa yang tidak senang bisa belajar banyak bahasa? Belajar banyak bahasa juga membuat hidup kita lebih menarik. Kita dapat berbicara dengan mereka yang berasal dari negara tertentu, menonton film tanpa melihat subtitle, membaca buku tanpa risau artinya apa, dan berbagai hal lainnya.

Summary

7 reasons to learn a foreign language

Menguasai beberapa bahasa itu menurut saya sangat penting karena setiap orang membutuhkan kemampuan berbahasa untuk dapat berkomunikasi dengan sesamanya. Tiap negara di dunia ini memiliki minimal satu bahasa tertentu yang dipakai oleh penduduknya. Bahkan dalam satu negara dapat memiliki lebih dari satu bahasa, seperti negara Indonesia yang memiliki ratusan bahasa daerah.
Manfaat yang kita perolah dengan menguasai beberapa bahasa yakni :

  1. Dengan mempelajari bahasa negara lain, secara otomatis kita juga mempelajari kebudayaan daerah atau negara tersebut. Karena hal tersebut, kita jadi lebih mengerti dan memahami budaya lain dan gak akan seenaknya men- judge budaya dan kebiasaan di daerah atau negara tersebut. Dengan kata lain, kita juga jadi lebih memiliki toleransi terhadap perbedaan budaya.
  2. Memiliki skill berbahasa terutama bahasa Inggris sekarang ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Orang yang lancar berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya memiliki peluang lebih besar untuk dapat diterima bekerja di perusahaan multinasional atau perusahaan asing. Selain itu, kita juga bisa menjadi penerjemah, bekerja di bidang pariwisata, kedutaan, dan masih banyak lagi perkerjaan yang mungkin memerlukan kemampuan bahasa asing.
  3. Mendapat kesempatan lebih besar untuk melihat dunia luar
  4. kalau kita sudah menguasai bahasa asing, mau travelling kemana pun akan mudah dan menyenangkan. Kita gak akan kesulitan berkomunikasi dengan penduduk lokal, membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat, bertanya arah jalan, atau bahkan berkenalan dengan orang baru.
  5. Menguasai bahasa asing juga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang dan tentunya akan menambah skill bahasa yang bisa dicantumkan di CV yang nantinya dapat dipergunakan untuk pertimbangan dalam kesempatan kerja.

tanpa bahasa kita tidak bisa menyampaikan pesan. penting untuk memahami beberapa bahasa yang umum digunakan di dunia seperti bahasa inggris sebagai bahasa penghubung antar negara maupun bahasa madarin yang digunakan paling banyak di dunia.
tak hanya bahasa verbal, bahasa isyarat juga bisa kita pelajari untuk memahami teman kita yang disabilitas. Bahasa yang unik dengan menggunakan isyarat tubuh menjadi penghubung antara kita. mereka yang disabilitas juga berhak berkomunikasi dengan siapa pun. menguasai beberapa bahasa tentu saja memiliki banyak manfaat, baik untuk otak karena kita mempelajari hal baru sehingga otak kita lamban untuk menua, menambah koneksi dan mungkin bisa menemukan jodoh dari belahan dunia jauh disana, dan lainnya.
dengan memiliki banyak ilmu bahasa, maka kita akan semakin mudah untuk mencapai karir di dunia internasional. dengan dunia yang semakin maju tidak menutup kemungkinan kita untuk mendapatkan pekerjaan di negara seberang. tapi tak hanya ilmu bahasa yang diperbanyak, ilmu digital juga menambah kualitas karir kita. sehingga bahasa bukan hanya satu-satunya yang menjadi faktor peningkatan karir.
Sebagaimana nasehat pepatah bahwa ilmu adalah jendela dunia. Dengan mempelajarinya kita bisa melihat seisi dunia. Semua ilmu itu memberikan manfaat tak hanya ilmu bahasa. Manusia juga diciptakan tuhan dengan berbagai macam kemampuan, tak hanya kemampuan bahasa. Jadi, jangan putus asa jika kemampuan bahasamu kurang. Misalnya, BTS boyband asal korea Selatan yang hanya satu orang bisa menggunakan bahasa internasional tak menutup kemungkinan mereka terjun ke dunia internasional dengan kemampuan menyanyi dan rap mereka. Sehingga tonjolkan lah dirimu dengan bakat yang kamu miliki. Tak hanya bahasa yang bisa menunjang perkembangan dirimu.

Menurut saya, sangat penting pada zaman sekarang ini untuk menguasai Bahasa asing terutama Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional agar dapat memudahkan kita untuk terhubung dengan semua orang dari penjuru dunia. Perkembangan tekonologi yang semakin canggih membuat seakan tidak ada lagi batasan geografis antara satu negara dan negara lainnya. Terlebih dengan sistem perdangan bebas, barang dan jasa dapat diperdangkan di banyak negara secara cepat. Di Indonesia sendiri telah banyak berdiri perusahaan multinasional yang membangun pabrik dan kantornya untuk melayani kebutuhan dan kepentingan masyarakat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas agar tidak tersaingi oleh SDM asing. Saat ini menguasai asing terutama bahasa Inggris semacam bukan lagi sebuah pilihan atau opsi, melainkan sebuah keharusan. Hampir setiap recruitment perusahaan terutama perusahaan besar menjadikan penguasaan Bahasa Inggris sebagai persyaratan karena dilingkup professional kemampuan berbahasa seseorang menjadi salah satu aspek penting yang patut dipertimbangkan.

Manfaat Menguasai Bahasa Asing

  • Memperluas kesempatan kerja
    Orang yang mahir berbahasa asing akan mendapatkan kesempatan kerja lebih luas. Semakin bagus kemampuan bahasa asing, Anda akan menjadi karyawan yang diperhitungkan. Semakin banyak bahasa yang dikuasai, semakin banyak opsi perusahaan yang dapat dimasuki.
  • Peluang pengembangan karir lebih luas
    Hampir seluruh karyawan menginginkan pengembangan karir atau kenaikan pangkat agar bisa mendapatkan posisi yang lebih baik. Menguasai bahasa asing dapat membuka peluang pengembangan karir yang lebih luas.
  • Memudahkan akses berbagi Informasi
    Semakin banyak bahasa yang kuasai, semakin banyak sumber informasi yang bisa diakses. Untuk memajukan karir harus memperbanyak skill dan informasi. Dengan menguasai bahasa asing, kita dapat mengakses informasi dari sumber banyak bahasa.
  • Semakin banyak koneksi
    Menguasai bahasa asing dapat membantu memperluas koneksi hingga ke luar negeri karena tidak ada kendala dalam berkomunikasi
  • Meningkatkan kepercayaan diri
    Kepercayaan diri akan meningkat ketika seseorang menguasai bahasa asing. Baik ketika melamar maupun saat sudah bekerja, orang yang bisa bahasa asing akan lebih percaya diri. Sering terjadi selama proses interview yang menggunakan bahasa Inggris, non-penutur akan kesulitan dalam menjawab.
Sumber

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing dalam Dunia Kerja

Menurut saya, menguasai beberapa bahasa sangatlah penting khususnya di era modern ini. Dimana kita dituntut untuk mampu memahami bahasa asing karena berbagai kebutuhan seperti pekerjaan, penelitian, hiburan dan hal lain sebagainya. Sehingga pada kondisi seperti ini, mempelajari bahasa asing bukan lagi merupakan sebuah pilihan, melainkan suatu keharusan yang mana nantinya akan memberikan benefit bagi diri kita sendiri.

Manfaat yang dapat diperoleh ketika kita mempelajari berbagai bahasa yaitu, dapat dengan mudah untuk memahami informasi apapun dari berbagai negara dengan bahasa yang berbeda-beda. Hal itu juga dapat mempersingkat waktu yang kita miliki karena tidak perlu melakukan translate terlebih dahulu untuk memahaminya. Selain itu, dengan menguasai berbagai bahasa, kita juga dapat dengan mudah untuk berkomunikasi dengan orang asing. Terlebih ketika kita sedang pergi ke Negara orang lain. Disamping itu, memahami berbagai bahasa juga menjadi nilai plus bagi seseorang, khususnya ketika akan melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Seperti yang saya amati banyak sekali perusahaan yang menjadikan bahasa asing sebagai salah satu persyaratan untuk dapat diterima bekerja, sehingga mereka tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan sebab perusahaan akan mempertimbangkan hal tersebut. Selain itu juga, seseorang yang mahir berbahasa asing akan memperoleh kesempatan kerja yang lebih luas, karena kemampuan berkomunikasi menjadi modal utama untuk merambah dunia kerja secara internasional. Dengan mahir dalam berbahasa asing, hal ini juga akan membantu kita dalam memperluas koneksi hingga ke luar negeri. Hal ini juga diikuti perkembangan teknologi yang semakin modern, dimana kita dapat mengakses berbagai informasi dari berbagai sumber. Jika kita terpaku pada sumber berbahasa Indonesia, maka kemungkinan informasi yang kita peroleh terbatas.
Denan demikian, dapat disimpulkan bahwa menguasai berbagai bahasa sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat.

Summary

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing dalam Dunia Kerja

1 Like

Mempelajari dan menguasai beberapa bahasa adalah hal yang sangat bagus dilakukan. Saya sendiri merasa mempelajari bahasa asing sangatlah mengasyikkan. Saat belajar bahasa asing, kita akan dihadapkan dengan kosa kata yang terdengar asing namun menarik untuk dikulik lebih jauh. Selain itu, orang yang belajar bahasa asing tidak serta merta tertarik pada bahasanya saja, melainkan juga budaya dan hal-hal dimana bahasa itu berasal. Mengetahui kebudayaan dan pengetahuan baru dari wilayah lain dapat membuka pikiran kita lebih luas lagi.

Belajar bahasa asing di masa globalisasi juga memberikan banyak peluang. Kemudahan berkomunikasi dengan bahasa asing menciptakan kesempatan emas di berbagai bidang. Berdasarkan apa yang dipaparkan di situs Education.com, belajar bahasa asing mempunyai manfaat di antaranya:

  1. Menjadi lebih dapat dipekerjakan
    Mempelajari bahasa baru adalah cara yang bagus untuk membuat diri seseorang menonjol. Ketika dunia menjadi semakin mengglobal, permintaan akan penutur bahasa dari perusahaan meningkat seiring mereka memperluas operasi ke pasar baru. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan ini membutuhkan penutur bahasa untuk memenuhi permintaan klien mereka di seluruh dunia.

  2. Meningkatkan keterampilan
    Mempelajari bahasa baru juga menunjukkan bahwa seseorang memiliki sejumlah keterampilan lain. Menurut penelitian, multibahasa lebih baik dalam pemecahan masalah, lebih kreatif dan lebih baik multitasker.

  3. Kesempatan untuk bepergian
    Dengan mempelajari bahasa baru, kita membuka bagian dunia yang sama sekali baru untuk kita jelajahi dengan nyaman. Berbarur dengan lokal dengan berbicara bahasa mereka juga merupakan cara menikmati kegiatan traveling dengan lebih menyenangkan.

  4. Manfaat otak dari belajar bahasa
    Mungkin manfaat terpenting dari belajar bahasa bukanlah yang paling terkenal. Menurut penelitian di Swedia, belajar bahasa menyebabkan area otak yang terkait dengan memori, yaitu korteks serebral dan hippocampus, bertambah besar. Seperti halnya otot di tubuh, melatih otak secara teratur dapat membuat otak Anda lebih kuat dan fleksibel.

Referensi

The Importance of Language Learning

@angelach @larasatifarumi @Risma_Eva_Dinar @dindaaisya @najmafa @Iasha_Zahara Terimakasih temen- temen atas tanggapannya, sorry yang gak ke tag. Kalau temen - temen sendiri apa sedang belajar bahasa asing ? boleh tau belajar bahasa apa aja ?

1 Like

Kalau aku sendiri lagi banyakin belajar bahasa inggris sih secara bahasa inggris merupakan bahasa internasional dan aku merasa masih ada beberapa struktur susunan kalimat yang masih belum aku pahami banget sama untuk menambah kosa kata bahasa inggris sih biar ngga itu itu aja yang dipakai untuk writing or speaking. Beside english, aku juga lagi belajar bahasa korea. hehe. tapi masih untuk senang-senang aja karena aku penggemar drama korea dan k-pop :grin: jadi tertarik gitu untuk belajar bahasanya juga. Banyak manfaatnya juga kan kalau bisa menguasai beberapa bahasa. By the way, kedua bahasa itu aku pelajari sendiri a.k.a otodidak dibantu pakai ebook sama video youtube.