Apakah penggunaan obat kumur secara rutin dapat membahayakan kesehatan gigi?

Obat kumur

Penggunaan obat kumur memang sangat baik teutama untuk menghilangkan bau mulut, tapi apakah obat kumur sendiri memiliki dampak bagi kesehatan mulut?

Rutin menggunakan obat kumur, sebaiknya gunakan seperlunya sebab penggunaan obat kumur yang berlebihan ternyata menimbulkan bahaya baik bagi kesehatan maupun kenyamanan anda.

Berikut bahaya penggunaan obat kumur berlebihan :

  1. Mengurangi Produksi Air Liur
    Bahaya penggunaan obat kumur berlebihan yang pertama ialah bisa mengurangi produksi air liur. Air liur berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi dan sebagai anti bakteri. Pengunaan obat kumur secara terus menerus dapat menyebabkan produksi air liur berkurang drastis akibat kandungan alkohol dan zat keras lainnya yang menyerap air pada lapisan gigi dan mulut.

  2. Iritasi Berlebihan Pada Mulut, Lidah, Dan Gigi
    Bahaya penggunaan obat kumur berlebihan yang kedua ialah terjadi iritasi. Iritasi disebabkan karena berkurangnya produksi air liur dimana salah satu fungsi air liur ialah sebagai anti bakteri, sehingga membuat bakteri jahat mudah berkembang di dalam mulut, lidah, juga gigi.

  3. Membunuh bakteri baik
    bahaya obat kumur yang digunakan secara berlebihan bisa memicu terbunuhnya bakteri baik. Di dalam mulut manusia terdapat bakteri baik dan bakteri jahat, keseimbangan dua bakteri ini yang menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  4. Pengeroposan Pada Gigi
    Bahaya penggunaan obat kumur berlebihan selanjutnya ialah bisa menyebabkan gigi keropos pada orang dewasa. Disebabkan oleh kandungan alkohol yang memiliki sifat asam sehingga mengakibatkan pengikisan pada lapisan gigi sehingga membuat gigi mudah rapuh dan keropos.

  5. Menyebabkan Jamur Pada Gigi
    Kandungan antiseptik (pembunuh kuman) dalam obat kumur yang jika penggunaannya berlebihan dapat mematikan bakteri baik di dalam gigi sehingga menyebabkan timbulnya jamur dan beresiko menimbulkan berbagai penyakit pada gigi.

  6. Mengubah Warna Alami Gigi
    obat kumur untuk gusi bengkak yang digunakan berlebihan akan meninggalkan sisa sisa zat yang dapat membentuk plak dan noda pada gigi sehingga beresiko menyebabkan gigi berwarna kekuningan.

  7. Rasa ngilu pada akar gigi
    penyebab gigi ngilu tiba tiba terjadi karena terkikisnya lapisan pelindung gigi sehingga lapisan gigi terluar menjadi sensitif, hal itu terus merasuk ke dalam hingga sampai pada akar gigi, akhirnya akar gigi pun terasa ngilu. Hal ini menyebabkan gigi menjadi mudah rapuh dan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika makan atau minum dan ketika berbicara. Jika tidak diobati, ngilu pada akar gigi ini akan menyebabkan nyeri dan hanya bisa disembuhkan dengan perawatan saluran akar gigi.

  8. Memicu Keracunan
    Hal ini disebabkan karena kandungan fluoride dalam obat kumur, fluoride memang berfungsi menguatkan lapisan luar gigi (enamel), tetapi akan memicu keracunan jika digunakan dalam jumlah banyak atau jika tertelan. Cirinya ialah keringat berlebihan, rasa haus yang sangat, menurunnya produksi air kencing, dan menurunnya tekanan darah. Jika hal ini terjadi penderita wajib berobat ke dokter gigi.

  9. Membuat Kuman Menjadi Kebal

  10. Meningkatkan Resiko Kanker Mulut

  11. Meningkatkan Resiko Tekanan Darah Tinggi

sumber: https://halogigi.com/bahaya-penggunaan-obat-kumur-berlebihan