Apakah pengertian seni lukis menurut para ahli?

Seni Lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa, seni lukis merupakan pengembangan yang utuh dari menggambar.

Leo Tolstoy “Sumardjo, 2000:62”
Menurutnya, seni lukis adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Sukaryono 1998:7
Menurutnya, seni lukis adalah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan.

Thomas Munro “Mikke Susanto, 2002:101”
Menurutnya, seni lukis adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

Soedarso SP “Mike Susanto, 2002:101”
Menurutnya, seni lukis adalah Karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya, pengalaman batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya.

Soedarso Sp “1990:11”
Menurutnya, Lukis merupakan cabang dari seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan melalui karya dua dimensional dimana unsur-unsur pokok dalam karya dua dimensional ialah garis dan warna.

Soni Ade & Imam R
Menurut mereka, Lukis merupakan kekuatan peradaban manusia, kekuatan budaya, karena dalam melakukan lukis kita dilatih untuk jeli, cermat dan teliti dalam mengamati berbagai fenomena alam dan kehidupannya.

Suyanto “2014”
Menurutnya, Seorang seniman lukis mengatakan bahwa seni lukis merupakan karya seni rupa yang dituangkan dalam bentuk lukisan hasil dari ekspresi jiwa seorang seniman.

Herbert Read
Menurutnya, seni lukis adalah kegiatan rohani yang merefleksikan pada jasmani, dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan/jiwa.

Myers “1962:156”
Menurutnya, seni lukis mengungkapkan nilai-nilai intelektual, emosional, simbolis, religius dan nilai-nilai subyektif yang lain.

M. Adler
Menurutnya, Seni lukis dapat diartikan sebagai sesuatu yang memberikan kesenangan.

Aristoteles
Menurutnya, Seni lukis adalah sesuatu yang selain baik juga menyenangkan.

Slamet Riyanto
Menurutnya, Seni lukis adalah salah satu bagian dan ilmu desain grafis.

Jim Supangat
Menurutnya, Seni lukis adalah suatu upaya menegaskan kembali pengalaman masa lalu pada konteks sekarang.

Noryan Bahari
Menurutnya, Seni lukis dalam bahasa ungkapan pengalaman artistik dan ideologi seseorang.

Harry Sulastianto
Menurutnya, Seni lukis adalah cabang seni rupa mumi yang berwujud dua dimensi, biasanya dilakukan di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak atau cat akrilik.

Suwarso Wisetrotomo, M Dwi Marianto dan Endah Nawang N
Menurut mereka, Seni lukis adalah sebuah pengabdian dalam gambar, perjalanan pengalaman hidup.

Galeria Fasya Art Studio
Menurut Galeria Fasya Art Studio, Lukis merupakan cabang atau bagian dari seni rupa dimana wujud dari lukis itu sendiri merupakan karya dua dimensi “dwi matra”, walaupun memiliki dasar pengertian yang sama dengan seni rupa, namun lukis memiliki arti yang lebih karena lukis merupakan sebuah pengembangan yang lebih utuh dari sekedar menggambar.

Berikut ini merupakan definisi seni lukis, dari pakar yang dapat di jadikan sebagai bahan rujukan, di antaranya adalah :

  1. B. S. Mayers menyimpulkannya bahwa melukis adalah membubuhkan cat (yang kental maupun yang cair) di atas permukaan yang datar, yang ketebalannya tidak ikut diperhitungkan, sehingga karya itu sering disebuat karya dua dimensi. Berbagai konfigurasi (kesan) yang diperoleh dari pembubuhan cat itu diharapkan dapat mengekspresikan berbagai makna atau nilai subyektif.

  2. L. H. Chapman, ia memberikan pengertian yang hampir sama dengan definisi yang disampaikan oleh Mayers, hanya saja mengenai “permukaan” yang diketengahkan olehnya tidak diberinya embel-embel datar (flat), karena ia rupa-rupanya melihat adanya kemungkinan untuk juga melukis atau menggambari permukaan yang melengkung seperti permukaan jembangan, atau karya-karya lainnya yang dibuat dari bahan gips (batu tahu, plaster of paris).

  3. Sanento Yuliman memberikan gambaran dengan menyimpulkan bahwa melukis adalah melahirkan pikiran, gagasan atau angan-angan ke dalam gubahan rupa yang indah atau yang memuskan penglihatan. Gubahan itu dibuat dengan mencoretkan garis dan mengoleskan warna, atau dengan mengukir, dikerjakan dengan alat yang digenggam atau dijepit di antaradua jari. Namun di zaman sekarang, telah terjadi pemisahan tegas antarapengertian mengukir dan pengertian melukis.

  4. Dharsono Sony Kartika menyatakan bahwa Seni lukis merupakan ungkapan pengalaman estetik seseorang (seniman) yang dituangkan dalam bidang dua dimensi (dua matra), dengan menggunakan medium rupa, yaitungaris, warna, tekstur, bangun (shape), dan sebagainya. Medium rupa sendiri dapat dijangkau melalui berbagai macam jenis meterial, seperti tinta, cat/pigmen, dan berbagai aplikasi yang memberi kemungkinan untuk mewujudkan medium rupa.