Apakah pengaruh teknologi informasi terhadap kinerja produktifitas karyawan?

Telah kita sadari bahwasanya saat sekarang ini adalah masa perkembangan teknologi informasi, dulu segala sesuatu yang harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dan tidak tertutup kemungkinan pula seseorang membuka peluang lain untuk meningkatkan produktifitasnya.

Jadi, apakah pengaruh teknologi informasi terhadap kinerja produktifitas karyawan ?

Peranan Teknologi informasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan sumber dayayang dimiliki.

Dalam penerapannya rencana strategis TeknologiInformasi senantiasa diselaraskan dengan Rencana Perusahaan,Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan
Untuk dapat mengetahui andil departemen IT di perusahaan adalah dengan mengetahui keuntungan-keuntungan penerapan teknologi IT di perusahaan tersebut, misalnya :

  1. Yang tadinya manual menjadi otomatis, dan hal ini mengurangi biaya untuk tenaga kerjanya, biaya untuk kertas, alat tulis, dll.

  2. Waktu mengerjakan yang lebih cepat dengan adanya IT. Sebab dengan IT ini akan memperbendek rantai birokrasi, yang tadinya selesai dalam 1 minggu dengan IT hanya butuh waktu 1 hari. Apabila waktu tadi kita konversikan ke biaya maka akan mendapatkan penghematan sekian rupiah.

  3. Pengambilan keputusan yang lebih cepat, karena dengan IT maka data yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Hal ini tentu saja akan menjadikan perusahaan menjadi lebih kompetitif. Sebab dampaknya akan sangat besar bisa jadi karena pengambilan keputusan yang lambat sebuah perusahaan akan kehilangan banyak order.

  4. Dengan penerapan teknologi IT kita akan dapat menghemat baiaya promosi dan pemasaran, karena promosi lewat web site akan sangat murah dan konsumen dapat melihat profil perusahaan dari mana saja diseluruh dunia.

  5. Dengan IT maka sistem akan dapat terintegrasi disemua kantor atau perusahaan sehingga hal ini akan dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat mengetahui kondisi perusahaannya tanpa harus berkunjung ke kantor cabang yang jauh dan memakan biaya transportasi.

Sumber :



Bermacam-macam teknologi yang ada sekarang tentunya dapat mempengaruhi kinerja karyawan dari banyak sisi. Teknologi bukan hanya membantu perkerjaaan karyawan namun juga produktivitas karyawan tersebut secara keseluruhan.

Berikut beberapa efek dari teknologi terhadap produktivitas kerja :

  1. Komunikasi
    Teknologi yang terkait dengan komunikasi dapat membantu karyawan menjalankan pekerjaan mereka sebaik mungkin. Bagi karyawan dengan kemampuan memahami teknologi baru, bisa dipastikan meningkat produktivitasnya . Teknologi baru, seperti massenger,email, dapat membantu karyawan berkomunikasi dengan cara yang lebih efisien dan mendapatkan jawaban dan bantuan dengan lebih cepat. Hal ini memungkinkan mereka memecahkan masalah dan mengatasi masalah di tempat kerja seketika. Teknologi komunikasi juga dapat memiliki dampak positif pada hubungan antara karyawan dengan pelanggan, dengan cara mempercepat waktu untuk merespon pertanyaan, komentar dan kritik yang disampaikan.

  2. Beban Kerja Karyawan
    Teknologi sekarang membuat banyak proses menjadi otomatis, dan tidak lagi dikendalikan oleh orang. Hal ini akan membantu mengurangi beban kerja bagi karyawan, membebaskan mereka untuk mengerjakan proyek dan tugas lain. Program komputer dan paket perangkat lunak baru dapat membantu mengumpulkan dan menganalisis data yang biasanya tidak terpakai. Hal ini akan memberi banyak waktu kepada para karyawan untuk melakukan ekstrapolasi. Teknologi baru juga dapat digunakan untuk membantu memperbaiki proses kerja dan pada gilirannya meningkatkan produktivitas baik untuk karyawan maupun bisnis.

  3. Akomodasi
    Pekerja penyandang cacat mungkin merupakan salah satu yang mendapat keuntungan dari kemajuan teknologi. Dengan teknologi baru, pintu terbuka untuk pekerja cacat yang sebelumnya mungkin tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu karena ketidakmampuan untuk menyediakan akomodasi. Selain itu, teknologi dapat membantu meningkatkan produktivitas penyandang cacat yang sudah dipekerjakan. Teknologi, seperti komputer touchscreen, dapat membantu karyawan lebih mudah mengakses dan mengoperasikan peralatan kantor .

  4. Pertimbangan
    Kemampuan untuk menggunakan teknologi untuk kepentingan anda , memerlukan kemampuan untuk mengidentifikasi kemungkinan penggunaan lebih lanjut. Beberapa kemajuan teknologi mungkin terbukti mahal untuk beberapa bisnis kecil. Selain itu, pemilik usaha harus mengevaluasi potensi keuntungan dari setiap teknologi baru. Evaluasi ini harus menunjukkan sedikit manfaat yang mungkin akan diberikan kepada karyawan dan perusahaan.

source : http://smallbusiness.chron.com/technology-affects-job-performance-13463.html

Pengaruh teknologi informasi dalam peningkatan kinerja karyawan sudah sangat jelas terlihat pada saat ini, namun tidak tertutup kemungkinan bahwa pengaruh teknologi informasi inilah yang membuat para karyawan menjadi malas dan tidak fokus terhadap kewajiban dan tujuan mereka sebagai karyawan.

Diantara pengaruh Teknologi Informasi terhadap kinerja produktifitas adalah sebagai berikut :

Pengaruh positif :

  1. Mempermudah karyawan dalam bertukar informasi yang berbeda tempat
  2. Mempermudah karyawan dalam mencari informasi dan hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan
  3. Membuka peluang bagi seorang karyawan untuk membuka suatu usaha berbasis online untuk meningkatkan penghasilan karyawan

Pengaruh negatif :

  1. Membuat seorang karyawan malas buat bekerja karna bisa jadi seorang karyawan kecanduan internet
  2. Hilangnya fokus karyawan karna banyaknya hal yang dapat diakses menggunakan teknologi informasi

Jadi, itulah menurut pendapat saya mengenai pengaruh teknologi informasi terhadap kinerja para karyawan, ada yang merupakan pengaruh positif dan ada juga pengaruh negatif. Tergantung kayawan sendiri dalam memanfaatkan.