Apakah pemindahan ibukota mempengaruhi kemacetan?


(Muhammad Indra Firdaus) #1

Seperti yang kita ketahui,Jakarta yang merupakan ibukota negara Indonesia sering dilanda kemacetan. Apakah pemindahan ibukota negara ke daerah lain dapat mengurangi kemacetan di Jakarta?


(Double Win Yusuf Rais) #2

Kita bisa melihat dari berbagai sudut pandang
Jika halnya, sudut pandang orang Indonesia sendiri memiliki dasar pemikiran yang dangkal dangkal saja dan tidak memprioritaskan negaranya, maka solusi apapun tidak akan bisa memecahkan suatu masalah yang sebenarny mudah untuk di selesaikan malah memberi akar akar masalah selanjutnya


(BN Prasetiyani) #3

Menurut Abdul Malik H., anggota Komisi II bidang pemerintahan, sebaiknya yang dipindahkan adalah pusat administrasinya saja, bukan ibukotanya. Jakarta akan tetap menjadi ibukota dan pusat perdagangan. Menurut beliau, pemindahan pusat administrasi pemerintahan akan otomatis mengurangi kemacetan. Karena apabila pusat administrasi pemerintahan berpindah, administrasi swasta dan perdagangan juga akan mengikuti administrasi pemerintahan. Dengan demikian yang berpengaruh dalam mengurangi kemacetan adalah pemindahan pusat administrasi pemerintahan.

sumber : http://m.news.viva.co.id/news/read/384081-pindah-pusat-administrasi-saja-jangan-ibu-kota