Apakah paket data/kuota internet telah menjadi kebutuhan pokok manusia?

Di masa sekarang ini semua perlu internet ya, Youdics? Mulai dari kita menggunakan aplikasi untuk belajar, melakukan meeting bersama teman-teman maupun kolega, mengirim surel, berbelanja, memesan makanan dan lain-lain. Setidaknya dari ilustrasi kegiatan tadi, seluruh kegiatan dinilai harus tetap terhubung dengan akses internet. Namun, internet pun membutuhkan kuota internet/paket data maupun wifi agar aplikasi dapat diakses dan dipakai. Rasanya, seluruh kegiatan membutuhkan akses internet mau tidak mau, bahkan ada yang menyebutkan sudah menjadi kebutuhan pokokk manusia zaman sekarang.

Menurut Youdics nih, apakah benar kuota internet/paket data sudah menjadi kebutuhan primer yang setara dengan sandang, pangan dan papan? atau itu hanya kiasan belaka dan sebenarnya manusia dapat hidup tanpa mengakses internet? Tulis pendapatmu, Youdics!

Kalau menurut saya pribadi, memang saat ini perkembangan teknologi semaki melaju pesat dengan berbagai inovasi - inovasinya yang menjadikan peran internet semakin penting untuk memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari - hari seperti belajar online atau bekerja. Kita pun juga sebagian membutuhkan internet untuk hal- hal hiburan seperti youtube dan sebagainya yang pastinya untuk memiliki akses internet banyak sekali media yang bisa digunakan seperti modem dan paket data.

paket data sendiri memang tidak bisa dipungkiri juga menjadi bagian penting dari dahsyatnya perkembangan dan penggunaan internet di masa kini serta ya, menurut saya sendiri memiliki paket data adalah sesuatu yang bisa dibilang ’ wajib ’ karena saya sendiri membutuhkan akses internet untuk melakukan pekerjaan saya sehari - hari seperti kuliah online, chat dengan teman, dan lain - lain. jadi rasanya jika paket data tidak ada, saya pun juga akan merasa kesulitan juga dalam melakukan pekerjaan saya.

tetapi, memang ada juga orang - orang yang memang tidak terlalu bergantung dengan internet seperti misalnya orang - orang di pedesaan terpencil yang tidak memiliki askes internet dan sebagainya. tetapi di zaman sekarang ini, apalagi di masa pandemi yang semuanya serba online, saya raya memang benar jika orang - orang mulai menganggap kuota data sebagai kebutuhan utama selain makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

1 Like

Jika dulu kita butuh sandang, pangan, papan. Sekarang mungkin tambah kuota data. Apalagi di situasi pandemi Covid -19 saat ini. kuota internet merupakan kebutuhan utama di era pandemi Covid-19.

Apalagi, untuk peserta didik yang harus melakukan pembelajaran dari rumah.Karena dalam era pandemi kali ini, jika kita biasanya lihat piramida terbalik kebutuhan pokok, hari ini kuota menjadi salah satu faktor yang menjadi kebutuhan utama seseorang

2 Likes

Kalau menurutku pribadi, paket data/kuota internet saat ini secara ngga langsung jadi kebutuhan pokok sehari-hari apalagi adanya WFH dilanjut dengan PPKM dengan adanya pandemi Covid-19. Apalagi sebagai mahasiswa yang sistem perkuliahannya masih online, paket data/kuota internet ini jadi kebutuhan penting dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Bahkan yang tempatnya mungkin dipelosok sekalipun butuh meskipun ada sebagian kecil yang kemungkinan tidak memakai internet didaerahnya. Berdasarkan survei dari Lifepal, dilansir pada Sabtu (12/12/2020), pos pengeluaran terbesar mahasiswa selama pandemi adalah untuk membeli pulsa dan kuota internet. Hal ini seiring dengan meluasnya sistem pembelajaran online tanpa tatap muka demi menghindari penyebaran COVID-19.
Pengeluaran untuk kuota internet menduduki angka paling tinggi sebesar 44,8%, diikuti pengeluaran untuk kebutuhan makanan dan minuman sehari-hari dengan besaran 15,6%. Kemudian, uang saku juga habis untuk membeli pakaian dan aksesoris sebanyak 10,2%.

1 Like