Apakah orang yang tidak bisa marah itu baik?

marah

Saya pernah menjumpai tipe orang yang kelewat sabar bahkan hampir tidak pernah marah. Kira-kira mengapa hal itu dapat terjadi ? Apakah itu bisa dikaitkan dengan kelainan tidak dapat mengungkapkan perasaannya ?

Menurut saya tidak ada orang tidak bisa marah. Mengapa demikian? Sebagian kamu mungkin mudah saja untuk menunjukkan amarah ketika tengah kesal dengan seseorang atau keadaan. Namun, untuk sebagian lain, marah tak ubahnya emosi yang enggan untuk kamu keluarkan. Dengan kata lain, kamu sukar untuk meluapkan amarahmu. Kamu lebih sering bilang nggak papa ketimbang menunjukkan air muka naik pitam.

Oada beberapa kesempatan, sifat legowo yang kamu punya itu ada baiknya. Namun, kalau kamu terus-terusan seperti itu rawan dimanfaatkan oleh orang lain. Karenanya inilah 6 alasan yang membuatmu sebaiknya meluapkan amarah :

  1. Manusia itu bukan malaikat. Tidak bisa mengekspresikan amarah itu justru kelainan karena marah adalah perilaku yang sangat manusiawi

Beruntunglah kamu yang sedari kecil diajarkan untuk mengenal beragam emosi dan ekspresi. Apa itu konsep amarah, sedih, bahagia, kesal, dan lainnya. Yang akan terasa manfaatnya sekarang ini ketika kamu sudah dewasa. Dengan mengenal ekspresi dan emosi, kamu akan menjadi manusia yang lebih peka dan mudah untuk mengekspresikan diri. Termasuk ketika marah, kamu tak segan untuk meluapkan kekesalanmu. Tentunya dengan sewajarnya saja, tanpa melukai orang lain.


  1. Tahu cara mengeluarkan emosi bukan berarti kamu emosian atau pemarah. Asal kamu fokus cari penyelesaian dari masalah yang bikin kamu marah, pasti marah-marah nggak bakal jadi kebiasaan

Kamu tentu nggak akan marah tanpa sebab bukan? Selalu ada alasan dan faktor yang memicu kemarahanmu muncul. Pun jika kamu tak punya cukup nyali untuk meluapkan amarahmu pada seseorang, kamu bisa melampiaskannya pada benda. Entah dengan menuliskan kekesalanmu atau bahkan sesederhana melempar benda di kamarmu. Entah itu bantal atau guling, tak apa. Luapkan saja kekesalanmu pada benda mati di sekitaran, sampai kamu merasa sedikit lega dalam hati. Setelah itu tarik nafas dalam dan belajar untuk memaafkan dia atau mereka yang melukai hatimu.


  1. Tidak bisa marah juga akan membuatmu disepelekan dan sering tidak dihargai

Banyak dari mereka yang kelewat baik dan nggak bisa marah, biasanya mudah disepelekan orang lain. Karenanya kamu perlu menunjukkan amarahmu sesekali sebagai tanda bahwa kamu pribadi yang tegas dan tidak menye-menye. Karena kalau kamu terus-terusan bilang nggak papah, seterusnya mereka akan menyepelekanmu.


  1. Katanya kodrat orang Indonesia memang susah marah, mungkin karenanya kita terkenal sebagai bangsa yang ramah. Ramah boleh, tapi kalau didzalimi ya jelas harus marah.

Sesungguhnya kamu nggak perlu jadi manusia super yang kelewat lapang dada. Memang, memaklukmi dan memanfaatkan kesalahan orang lain adalah hal yang bijak. Namun, sebagai manusia harusnya paham batasan-batasannya. Kapan kamu sebaiknya mentolerir dan kapan kamu meluapkan amarah. Apa iyah kamu tetap bisa tersenyum saat ada seseorang yang jelas-jelas mendzalimi-mu? Lagi, kalau kamu nggak menunjukkan amarah padanya, khawatir di kemudian hari akan ada orang lain yang mendapat perlakuan nggak menyenangkan seperti yang kamu alami. Dengan marah, setidaknya kamu nggak hanya menyelematkan dirimu, tapi juga orang lain.


  1. Mungkin ini saat yang tepat bagimu untuk nggak memedulikan omongan orang, jangan takut dibenci hanya karena kamu menunjukkan amarah

Mungkin banyak dari kamu yang takut untuk meluapkan amarah karena takut dibenci orang. Guys, orang yang benar sayang padamu nggak bakal meninggalkanmu hanya karena kamu marah yang beralasan. Mereka yang tulus menyayangimu bakal memahami tindakanmu. Toh, kamu marah juga karena ada alasannya.