Apakah opini "Cantik itu Berkulit Putih" termasuk Hate Speech?

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Sepertinya label cantik itu harus putih sudah sering kita dengar, mulai dari ucapan “kok kamu hitam banget, sih” “Aku gamau kena panas nanti aku item” dan masih banyak lainnya. Stigma ini membuat seperti ada yang salah dengan orang berkulit gelap. Apakah stigma seperti ini termasuk Hate Speech?

Menurut saya bukan termasuk hate speech karena opini tersebut tidak secara langsung menyerang warna kulit lain walaupun tentunya opini tresebut terdengar problematik. Tentunya saya dan mungkin orang-orang lain yang tidak setuju bisa memberikan narasi lain yaitu semua warna kulit itu cantik karena cantik sangatlah subjektif. Permasalahan pada opini tersebut bukan secara langsung memberikan kebencian pada warna kulit lain, namun mengagungkan satu warna kulit sehingga bisa jadi warna kulit lain tersisih.

Menurut pandangan saya ini hanya sebuah opini yang telah tersebar luas di masyarakat pada saat ini. Untuk bisa dikatakan hate speech hanya apabila seseorang mengucapkan/menuliskan sesuatu dan ditujukan secara spesifik untuk siapa dan perkataan/tulisan tersebut menyakiti perasaan orang lain secara individu ataupun kelompok.

I think we got different point of view yah…aku merasa ini termasuk hate speech, karena dalam opini diatas cantik=harus putih. It means, kalo ga putih berarti ga cantik? Anyway, thankyou for your reply :heart:

1 Like

Kalau menurut artikel diatas cantik itu harus putih, berarti yg kulitnya ga putih gaboleh dibilang cantik, begitu kan? Secara ga langsung opini diatas bilang kalo penilaian kecantikan seseorang dilihat dari warna kulit, Jadi menurut aku ini juga termasuk hate speech, karena stigma kaya gini tuh harus dipatahkan makanya kemarin ada tagar #blacklivesmatter itu tujuannya untuk mendukung teman2 kita di Papua atau ditempat lain yang kulitnya berwarna gelap. Anyway, thanks ya untuk reply nya :heart:

1 Like

Yup dalam hal apakah itu hate speech atau bukan kita beda. Soalnya aku nagkepnya ngga secara langsung menyerang warna kulit lain karena misalnya aku bilang A cakep bukan berarti aku bilang B jelek walaupun secara tidak langsung mengagungkan satu pihak, Tapii aku setuju banget sama kamu anggapan cantik harus putih itu problematik banget dan harus banyak orang yang ngasih narasi bahwa cantik ga harus putih karena jelas diskriminasi atas warna kulit di seluruh dunia termasuk di Indonesia sangat ganggu. di dunia kecantikan jelas banget produk-produk pemutih yang banyak dijual seolah mendukung narasi putih harus cantik dan shades untuk kulit yang lebih gelap terbatas. jadii dalam hal ini kita sependapat. makasih juga replynya :love_letter:

Menurut saya hal ini masuk ke penggiringan opini dengan mengatakan bahwa orang kulit hitam tidak cantik