Apakah olahraga malam baik atau tidak ?

Olahraga adalah aktivitas atau kegiatan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Olahraga memang lebih baik dilakukan saat pagi hari, namun jika tika tidak sempat dilakukan saat pagi hari apakah boleh dilakukan saat malam hari ?

1 Like

Menurut saya olahraga malam tidak baik karena keringat yang dihasilkan berbeda dengan bila kita olahraga di pagi hari, jika kita berolahraga di malam hari keringat yang dihasilkan adalah keringat dingin atau bisa disebut kurang baik untuk kebugaran tubuh bukan kesehatan yang kita dapat malah penyakit, karena bila berolahraga di malam hari pun angin yang terkene tubuh kita adalah angin malam yang sudah kita ketahui tidak baik untuk paruparu kita(dapat menyebabkan paru-par basah) lebih baik olahraga di pagi hari saja.

Berdasarkan artikel yang saya baca olahraga pada malam hari lebih memberikan dampak positif seperti

  • Menurunkan stres dan frustasi

    Olahraga di malam hari akan membantu tubuh untuk melepaskan hormon endorfin yang mampu meredakan stres. Membuat otak beristirahat sejenak dari permasalahan yang sedang dihadapi, sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih beberapa saat kemudian.

  • Tidak buru-buru

    Berolahraga di malam hari akan menghemat waktu Anda di pagi hari, Anda pun tak perlu bangun lebih awal untuk bergegas ke gym, mandi, dan bersiap-siap untuk bekerja. Sehingga, olahraga di malam hari membuat Anda lebih semangat dan santai menjalaninya.

  • Tidur lebih nyenyak

    Setelah sesi latihan usai, tubuh dan pikiran Anda menjadi jauh lebih santai. Olahraga mampu membuat pikiran tenang, mengurangi perasaan cemas yang mampu memicu stres, serta membuat otot menjadi lebih lentur. Sehingga, olahraga di malam hari bisa membuat Anda tidur lebih cepat, dalam waktu yang lebih lama, tanpa terbangun di tengah tidur akibat pikiran buruk.

  • Lebih bertenaga

    Olahraga di malam hari dinilai lebih efektif, karena seseorang memiliki lebih banyak energi di sore atau malam hari ketimbang pagi hari. Hal ini disebabkan, karena Anda sudah mengasup banyak makanan dan sumber energi lain di siang hari. Ini akan sangat baik, bila Anda membutuhkan olahraga ‘berat’ untuk membakar kalori

Olahraga malam itu baik dan dapat dilakukan yang penting jangan terlalu malam, karena dapat mengurangi kualitas tidur. Sebaiknya olahraga malam dilakukan dengan durasi 1 sampai 1,5 jam agar tubuh tidak terlalu lelah. Akan tetapi lebih baik berolahraga pagi dibandingkan dengan olahraga malam terutama di pagi hari kita juga mendapat manfaat yg lebih banyak dan lebih baik.

Menurut dari artikel yg saya baca, olahraga malam atau pagi memiliki manfaat tersendiri. Professor Ilmu Olahraga Terapan mengatakan olahraga pagi memiliki manfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan. Sedangkan olahraga pada malam hari, menurut Laura, manfaatnya adalah meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Secara teori, menurut ahli kesehatan mengatakan ketika malam harinya berolahraga, tubuh justru lebih siap. Artinya bagi orang yang melakukan olahraga untuk pembentukan otot, olahraga malam lebih bermanfaat bila dibandingkan olahraga di pagi atau sore hari.

Olahraga di malam hari bisa membantu masalah tidur seperti insomnia, asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh kita. Tubuh akan dehidrasi dan kita jadi sulit tidur apabila olahraganya berlebihan. Pada akhirnya, semua akan kembali lagi pada manfaat yang ingin Anda dapatkan sendiri. Mau itu malam hari atau pagi hari, tergantung Anda. Yang terpenting adalah kondisi Anda bugar ketika berolahraga, baik itu pagi atau malam hari, jam berapapun itu.

Bila disuruh memilih, Professor Ilmu Olahraga Terapan itu lebih memilih untuk berolahraga di pagi hari. Namun ia juga mengatakan, kalaupun Anda tidak bisa bangun pagi untuk berolahraga, itu bukan masalah.

Menurut artikel yang saya baca, ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan mengenai lebih baik manakah olaharaga pada malam hari atau pagi hari.

Pada dasarnya, olahraga merupakan hal yang sangat diperlukan oleh tubuh. Seseorang yang sibuk dalam aktivitas di pagi hari cenderung tidak dapat melakukan olahraga pagi.

Namun, Oktober 2014 lalu, dokter spesialis olahraga, Andi Kurniawan mengatakan kepada Kompas.com, bila tidak sempat melakukan olahraga pagi, sebenarnya olahraga sore sampai malam tidak masalah bagi kesehatan.“Mereka yang tidak sempat olahraga pagi hari, baru sempatnya malam hari, akan jauh lebih baik daripada yang tidak olahraga sama sekali. Sekarang, kan, banyak yang olahraga lari malam di Senayan. Itu tidak masalah, kok,” ujar Andi.Meskipun sah-sah saja berolahraga di malam hari, Andi menyarankan agar tidak berolahraga terlalu malam, karena bisa mengganggu jam tidur dan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Ketika selesai berolahraga pun, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri jeda waktu 1-1,5 jam antara waktu olahraga dan waktu tidur Anda. Ketika berolahraga malam hari, jangan lupa juga melakukan pemanasan. Ketika selesai, kita tetap perlu melakukan pendinginan dan peregangan, jangan langsung tidur.(source : https://hellosehat.com)

Karena pada akhirnya, olahraga pada malam hari dan pagi hari masing-masing memiliki manfaat tersendiri.

1. Efisiensi Waktu

Bagi para pekerja olahraga malam sangat cocok untuk menjaga kebugaran tubuh dikarenakan selain waktu olahraga setelah jam kantor, olahraga malam juga tidak dikejar waktu seperti olahraga pagi dimana kita harus kejar waktu untuk olahraga, terutama bagi anda yang bekerja kantoran.

2. Relaksasi Otak

Setelah beraktivitas di kantor seharian, dengan berolahraga malam kita dapat merefresh otak kita karena manfaat olahraga selain menjaga kesehatan juga dapat menghilangkan stress sehingga mungurangi tekanan yang ada dalam pikiran kita.

3. Paru – paru dalam kondisi terbaik

Menurut penelitian kondisi paru – paru yang maksimal berada pada pukul 4 sampai 5 sore, dengan ini kita tidak mudah lelah saat berolahraga dan dapat meningkatkan kapasitas paru – paru kita.

4. Membantu meningkatkan mood di pagi hari

Bagi sebagian orang yang tidak begitu mengerti mengenai manfaat olahraga di malam hari mungkin akan menganggap olahraga di waktu tersebut dapat mengganggu kesehatannya, namun tahukan anda bahwa sudah banyak penelitian membuktikan bahwa olahraga yang dilakukan di malam hari justru akan membawa manfaat yang besar bagi hidup anda. Salah satunya adalah membuat mood anda meningkat.Mood adalah faktor yang cukup penting bagi baik atau tidaknya hari yang anda jalani.

(source : http://manfaat.co.id/22-manfaat-olahraga-malam-hari-sebelum-tidur)

TERGANTUNG INDIVIDUNYA

Saya sering dan aktif berolahraga saat malam hari dikarenakan kesibukan yang saya miliki. Sekolah, bimbel, kegiatan ekstrakurikuler membuat waktu saya tersita saat pagi hingga sore hari. Nah untuk menjaga tubuh tetap bugar saya berolahraga setiap malam. Saya sudah terbiasa berolahraga saat malam hari dan itu tidak menimbulkan masalah yang berarti buat saya.

Tapi bagi sebagian teman saya yang mencoba berolahraga saat malam hari, mereka cenderung merasakan tidak enak badan keesokan harinya. Ya, masuk angin menjadi masalah mereka. Sehingga mereka merubah jadwal olahraga mereka kembali di pagi atau sore hari.

Jadi menurut saya, karena kemampuan setiap individu berbeda maka olahraga malam hari dianjurkan bagi yang memang benar benar sanggup. Jangan memaksakan diri anda jika memang tidak kuat, alih-alih ingin sehat malah penyakit yang didapat.

Menurut beberapa artikel yang saya baca olahraga malam itu baik tapi jangan terlalu malam ( di atas jam 9 malam misalnya) karena hal ini dapat mengganggu jam tidur anda di malam hari. mengapa demikian ? karena ketika anda berolahraga akan meningkatkan temperatur tubuh yang akan membutuhkan waktu 5 sampai 6 jam untuk menurunkannya kembali ke normal. hal ini dapat menggagu tidur anda karena anda tidur di saat keadaan tubuh yang optimal yaitu ketika temperatur tubuh yang lebih rendah.

source:http://theshawnstevensonmodel.com/fat-loss-mistake-working-out-at-night/
http://greatist.com/fitness/whats-best-time-work-out
http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/10/sehatkah-olahraga-pada-malam-hari

Saya tidak benar-benar tau pasti lebih baik mana olahraga di pagi hari, sore atau malam hari, tetapi menurut saya karena tubuh membutuhkan olahraga untuk kesehatan dan kebugaran makan olahraga di waktu apa saja tidak masalah asalkan tidak berlebihan yang mengakibatkan tubuh menjadi terlalu lelah.

Saya sendiri cenderung menyukai olahraga di malam hari karena pagi dan sore tidak memiliki waktu yang cukup, saya memilih olahraga yang sifatnya sedikit menguras tenaga yaitu futsal, tetapi dengan intensitas waktu yang tidak terlalu lama, waktu yang saya lakukan untuk futsal kira-kira hanya 1 hingga 1,5 jam.

Dengan berolahraga dimalam hari, manfaat yang sangat terasa adalah tidur menjadi lebih nyenyak dengan kualitas tidur yang lebih baik daripada tidak melakukan olahraga. Pagi hari juga terasa lebih bersemangat dan aktivitas menjadi lebih lancar :smile: