Apakah nama lukisan karya Paul Cezane yang menjadikan istrinya sebagai model lukisannya?

Paul Cezanne 19 Januari 1839 - 22 Oktober 1906) adalah seorang seniman Perancis. Dalam perjalanannya menjadi pelukis, Paul kerap kali menjadikan istrinya sebagai model. Apakah nama lukisan karya Paul Cezane tersebut?

Madam Cezanne

Lukisan karya Paul Cezane yang melukiskan istrinya tersebut dinamakan Madam Cessane. Nama ”Madam cessane” mulai terkenal di era 1860-an. Nama ini tercatat dalam sejarah sebagai seorang model yang paling sering dipakai untuk objek melukis oleh suaminya, yaitu Paul Cezane. Paul Cezanne merupakan pelukis Prancis yang bertemu dengan istrinya ketika beruia 30 tahun. Istrinya yang bernama Hortense Fiquet masih berusia 19 tahun dan bekerja sebagai penjilid buku. Namun sesekali menjadi model melukis sebagai uang tambahan.

Mereka saling jatuh cinta tapi mengalami kisah yang tak mulus. Kedua orang tua Cezanne adalah bankir dan mereka saling merahasiakan hubungan. Hingga menikah menikah pada 1886. Meski telah menjadi modelnya selama hampir 20 tahun, Cezanne tidak mewariskan apa pun ketika ia meninggal dunia kepada istrinya. Ia hanya memberikan hartanya kepada putra mereka. Dalam hari-harinya, Cezanne mengabadikan istrinya dalam berbagai pose. Seperti ketika baru bangun tidur, menjahit,melamun, atau sedang terlelap.

Berikut ini merupakan contoh lukisan - lukisan madam cessane


.