Apakah MVP sama dengan prototipe?

Prototipe adalah model (sebagian besar interaktif) dari produk masa depan Anda yang dapat Anda presentasikan kepada calon investor pertama Anda. Dalam kasus ini, kita kebanyakan membicarakan tentang teman, keluarga, dan “orang awam”. Orang-orang ini cenderung menjadi investor pertama Anda, jadi ambillah tahapan ini dengan serius. Investasi ini akan memungkinkan Anda untuk membangun versi pertama produk Anda, yang disebut MVP.

Menurut saya, bukan. Prototype dimaksudkan untuk menguji apakah itu menarik untuk pasar. MVP adalah untuk menguji kecocokan produk / pasar.

Ada banyak kesalahpahaman ketika datang ke fase pengembangan produk yang berbeda. Salah satu kesalahan terbesar yang pernah saya lakukan adalah mengambil jalan pintas dengan ini. Setiap fase memiliki hasil yang berharga untuk produk Anda dan dapat sangat efisien terikat dengan upaya pemasaran Anda.
Kita biasanya mulai melakukan ini sendirian; Anda memiliki ide sekarang saatnya untuk melihat apakah itu masuk akal; Anda menggali masalah yang ingin Anda tunjukkan, mengakses para pakar dan orang-orang yang paling merasakan rasa sakit; ketahui mengapa itu adalah masalah mereka, bagaimana mereka menyelesaikannya sekarang, apa yang akan menjadi pengubah permainan bagi mereka; Anda mengevaluasi solusi yang mereka anjurkan dan solusi yang dapat Anda temukan di pasar; Anda mencari keunggulan Anda - dalam aspek apa Anda bisa menjadi yang terbaik; bagaimana Anda bisa memecahkan masalah dengan cara yang membuat ribuan orang lebih baik dari yang mereka miliki sekarang
Proof-of-Concept - saatnya untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda dapat melakukannya ketika berhubungan dengan teknologi mengganggu yang Anda butuhkan untuk membuktikan bahwa Anda dapat mengalahkan orang lain; Anda membangun bukti-konsep; buat bagian terkecil dari visi produk Anda yang membuat perubahan; itu tidak perlu dirancang dengan baik, tidak perlu kegunaan - itu harus menjadi bukti yang dapat Anda sampaikan; Anda perlu menemukan “lubang di jarum” Anda sendiri (paten yang berdiri di belakang mesin jahit untuk lubang jarum; Anda dapat membangunnya dalam jutaan cara - tetapi kecuali jika Anda memiliki lubang di jarum - itu menang t kerja); proof-of-concept adalah untuk meyakinkan para ahli bahwa Anda sedang melakukan sesuatu; Anda perlu menunjukkannya kepada orang-orang yang membantu Anda dengan evaluasi konsep dan bertanya kepada mereka “apakah itu pengubah permainan?” - ketika Anda memilikinya positif Anda dapat pergi ke tingkat berikutnya
Prototype - ini dibangun untuk menguji apakah pasar tertarik dengan produk Anda; Anda menunjukkannya kepada publik yang lebih luas, pameran di pameran, dapatkan pengguna uji Anda, libatkan pakar media untuk melihatnya - Anda mengamati pengguna masa depan Anda, lihat bagaimana mereka bereaksi dan berinteraksi dengan produk, tanyakan apakah itu menyelesaikan masalah mereka, bagaimana itu lebih baik dari apa yang mereka miliki sejauh ini; Anda mengevaluasi pada produk untuk fokus pada umpan balik, setelah Anda memiliki versi produk Anda yang ICP Anda katakan “Saya sangat menginginkannya” Anda pergi ke MVP
MVP adalah untuk menguji kecocokan produk / pasar Anda - artinya memvalidasi jika memiliki produk yang Anda dapat menjualnya; tidak masalah jika penjualan pertama tidak menguntungkan - terutama jika perangkat kerasnya, sebelum Anda mendapatkan volume produksi mahal - Anda masih membutuhkan fase itu; MVP tidak selalu seperti apa yang ingin Anda bangun atau berakhir; itu bisa menjadi foodtruck jika Anda menginginkan jaringan restoran; ini bisa menjadi pustaka sumber terbuka ketika Anda melihat pasar BOT - perlu memvalidasi pas pasar Anda, menunjukkan bahwa Anda bisa mendapatkan pengadopsi awal, penginjil dan influencer yang terlibat, bukti bahwa Anda dapat menembus pasar, memiliki hak tingkat konversi - yang paling penting di sini adalah mendapatkan data, menemukan cara paling efisien untuk memasuki pasar, menembusnya, dan menaklukkannya
Pengembangan Produk - sejak saat ini Anda membutuhkan produk Anda; dalam banyak kasus ini berarti membangun kembali; berfokus pada apa yang membuat Anda sukses di pasar yang mengotomatisasi kemacetan Anda, mengoptimalkan skala, menemukan aliran pendapatan baru, dan pasar baru untuk diperluas; kali ini untuk menghasilkan uang
Banyak kali saya mengambil jalan pintas. Saya telah membuat perangkat lunak yang tidak pernah saya jual, saya kehilangan waktu, saya meninggalkan proyek yang dapat tumbuh sangat besar. Setiap langkah memberikan sesuatu - dan Anda tidak ingin ada celah dalam kurva belajar Anda. Jika Anda melewatkan evaluasi konsep - Anda mungkin menemukan bahwa ada banyak solusi serupa yang tidak dapat Anda atasi atau bahwa pengguna nyata tidak melihat pendekatan Anda sebagai perubahan yang berharga. Plus akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan influencer dan media yang terlibat setelah Anda memiliki produk jika Anda mengenal mereka, mengimplementasikan saran mereka dan membuat merasa penting bagi Anda dan produk Anda.

Sumber: