Apakah mungkin saya dapat menyelesaikan masalah saya sendiri?

stres dalam kehidupan

Setiap permasalahan yang dihadapi akan menjadi beban bagi diri sendiri, yang mana akan menimbulkan tekanan pada jiwa kita yang dapat mengakibatkan stres. Setiap permasalahan yang dihadapi, memang lebih baik ketika ada orang yang membantu kita untuk menyelesaikan masalah tersebut, atau minimal mengurangi beban yang ada. Tetapi apakah mungkin saya dapat menyelesaikan masalah saya sendiri ?

Hampir semua orang memiliki pergumulan dengan masalah, termasuk masalah hidup yand serius, dan sebagian besar ternyata berhasil mengatasinya sendiri. Pertanyaan seperti ini sering diajukan karena ada anggapan bahwa permintaan pertolongan menunjukkan orang tersebut “lemah”, “pengalah”, ada kekurangan pada karakternya atau kebijakannya, atau bahkan merupakan aib.

Untuk mengelak pertolongan, orang sering sampai menyangkal adanya masalah. Padahal, meminta dan memanfaatkan pertolongan mengenai masalah yang memerlukan pengetahuan keahlian, sungguh tidak memalukan. Sebaliknya, adalah bijaksana dan sangat masuk akal.

Masalah kejiwaan yang kompleks seringkali tidak mungkin diatasi tanpa bantuan keahlian profesional. Memang, sebenarnya juga kurang bijaksana untuk “menolong” orang dengan masalah yang bisa ditanganinya sendiri sehingga ia berkesempatan belajar dari pengalaman itu. Sama kurang-bijaksananya dengan mencoba “menyelesaikan sendiri” suatu masalah tanpa pengetahuan dan bantuan ahli yang diperlukan untuk itu. Tapi benar, tidak selalu mudah untuk membedakannya; semua harus dilakukan secara individual, kasus demi kasus.