Apakah mungkin kedepannya teknologi AI menggantikan posisi Akuntan?

Teknologi AI atau Artificial Intelligence di zaman sekarang semakin ramai diperbincangkan. Banyak potensi yang muncul dari AI yang akan menggantikan pekerjaan manusia di masa depan, salah satunya pekerjaan akuntansi. Apa mungkin posisi akuntan benar-benar akan tergantikan oleh AI? Lalu apa saja bukti nyata saat ini kalau memang itu benar-benar akan terjadi?

Menurut saya, kehadiran teknologi AI tidak akan menggantikan posisi Akuntan. Malahan teknologi AI akan sangat membantu pekerjaan tersebut. Semua kegiatan yang bersifat teknis dan repetitif dapat dibantu oleh AI, semisal pembukuan dll.

Beberapa ahli dalam bidang akuntansi menyatakan bahwa dengan menggunakan AI seorang akuntan dapat memberikan value yang lebih kepada client mereka. Berikut adalah beberapa kemampuan AI yang telah diterapkan dalam bidang akuntan,

  1. Audit
    Akuntan KPMG salah satu perusahaan auditor terbesar di dunia telah bekerja sama dengan IBM untuk menggunakan sistem kognitif berupa supercomputer Watson. Watson menerapkan teknologi machine-learning dan AI. Dia mampu memeriksa dengan teliti ribuan halaman kontrak dan dokumen lalu dengan cepat meringkasnya. Ia juga dapat memeriksa data debit dan kredit yang keluar masuk lalu menganalisanya untuk menghasilkan informasi keuangan yang akurat.

  2. Manajemen Resiko
    Dengan menggunakan AI, kasus-kasus curang yang terlewatkan pada tumpukan struktur data dapat terminimalisir. Selain itu, AI yang memiliki kemampuan Language Processing dapat membaca potensi kepalsuan dan penipuan dari teks-teks dokumen semisal dokumen pembayaran pajak, dll.

  3. Rekonsiliasi Vendor
    Perusahaan Better Business Basics, Annie Flannagan mengatakan perusahaannya telah menerapkan otomatisasi pada bisnisnya dan tidak merasakan keraguan mengenai akurasi pada sektor akuntansi mereka.

  4. Pelaporan
    AI memungkinkan para manajer kaya untuk mengatur portofolio investasi dengan regulasi yang berlaku di organisasi. Serta AI dapat melacak transaksi misterius lebih cepat dan teliti semisal pada kasus pencurian properti intelektual maupun klaim asuransi

  5. Analisis Trend
    Tenaga akuntan dapat memanfaatkan hasil output AI sebagai bahan untuk memberikan rekomendasi maupun keputusan strategis kepada client dengan wawasan yang sangat luas. Hal ini memingkinkan karena AI dan machine-learning dapat mengolah data dengan jumlah yang besar dan cepat lalu membuat prediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Ini dapat memberikan value yang lebih kepada client

Seharusnya seorang akuntan tidak perlu khawatir tergantikan posisinya dengan hadirnya teknologi AI. Akuntan zaman sekarang tidak lagi sebagi human calculator, melaingkan bagaimana ia dapat memberikan nilai yang lebih dengan memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi kepada client mereka.

Sumber :
https://beyonder.asia/5-cara-artificial-intelligence-akan-membantu-akuntan/

https://www.jagoakuntansi.com/2017/10/akuntan-vs-artificial-intelligence/