Apakah mewarnai rambut pada masa kehamilan dapat beresiko bagi kesehatan?


Pada masa kehamilan tentunya ibu ingin tetap tampil cantik, salah satunya dengan mewarnai rambut. Namun apakah mewaranai rambut pada masa kehamilan ini tidak memiliki resiko ?

Risiko terhadap Ibu dan Janin Jika mewarnai rambut

Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut jika digunakan secara berlebihan mungkin dapat membahayakan. Namun, paparan bahan kimia tersebut saat mewarnai rambut umumnya hanya dalam jumlah kecil. Hal inilah yang menyebabkan pemakaian pewarna rambut saat hamil dinilai tidak membahayakan ibu dan janin.

Namun, untuk meminimalkan efek buruk yang mungkin timbul, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mewarnai rambut. Salah satunya adalah menghindari kontak langsung antara kulit kepala dengan bahan kimia dari pewarna rambut.

Jika terjadi kontak, bahan kimia dalam pewarna rambut mungkin saja akan masuk melalui kulit kepala dan akan diteruskan ke janin. Makin sedikit bahan kimia yang terserap kulit kepala, akan makin aman bagi Anda dan janin. Untuk memastikan keamanannya, hindari mewarnai rambut saat kulit kepala mengalami iritasi.

Alternatif yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kontak langsung antara bahan kimia dan kulit kepala adalah dengan melakukan highlight rambut. Pewarna yang diaplikasikan pada rambut hanya akan diserap oleh rambut, bukan kulit kepala Anda.

Sumber : Resiko mewarnai rambut pada bumil