Apakah menyebut bahasa Indonesia sebagai “Bahasa” saja saat berbicara dalam bahasa Inggris bisa dianggap benar?

image

Sebagai warga negara Indonesia tercinta dengan berbagai macam bahasa ini. Tak jarang ketika kita menggunakan bahasa Inggris dan ingin bertanya kepada orang yang kita ajak bicara apakah bisa berbahasa Indonesia kita pasti akan bertanya " Do you speak in Bahasa?" kalimat bahasa inggris ini adalah contoh penggunaan “bahasa” dalam berbicara bahasa Inggris.

Bahkan, selain orang Indonesia yang menggunakan pengunaan kata “bahasa” ini. Banyak juga orang asing dan guru bahasa Inggris yang menggunakan kata “bahasa” daripada “Indonesian”. Lalu pertanyannya, apakah menyebut bahasa Indonesia sebagai “Bahasa” saja saat berbicara dalam bahasa Inggris bisa dianggap benar?

ya, penggunaan kata “bahasa” dalam konteks bahasa indonesia ketika berbicara bahasa inggris sudah cukup. karena istilah bahasa hanya digunakan di indonesia. sama seperti kata “tokyo” yang berarti ibu kota dalam bahasa jepang. hanya dengan kata tokyo kita sudah tahu bahwa itu merupakan kota di jepang tanpa perlu embel embel ibu kota tokyo jepang. kurang lebih seperti itu