Apakah menurut anda kimono cocok diapakai pria ?

Kimono merupakan pakaian tradisional asal jepang dimana pakaian ini sering digunakan oleh wanita. Namun ternyata kimono juga sering digunakan oleh pria. Menurut anda apakah pria cocok menggunakan kimono ?

1 Like

Cocok. Karena kimono ada juga yang khusus untuk pria. Contohnya seperti ini:
image

Menurut saya kimono untuk pria dan wanita sama saja. Hanya yang berbeda pada modelnya. Pada festival kembang api di Jepang, semua menggunakan kimono, baik wanita ataupun pria. Tidak hanya festival kembang api, tetapi berbagai festival lainnya pula. Karena merupakan pakaian tradisional Jepang.

Kimono juga menjadi salah satu barang berharga. Para orangtua memberikan pakaian tersebut kepada anaknya sebagai warisan keluarga.

Di masa Meiji (1868-1912), Jepang sangat dipengaruhi oleh budaya asing. Pejabat pemerintah dan personil militer diwajibkan undang-undang untuk mengenakan pakaian Barat demi kepentingan resmi.

Sementara, untuk warga biasa, mengenakan kimono di acara formal harus dihias terlebih dahulu sesuai dengan gambaran latar belakang keluarganya.

Di zaman sekarang ini, jarang yang memakai kimono untuk kegiatan sehari-hari. Orang Jepang lebih sering mengenakan kimono untuk acara khusus seperti pernikahan, pemakaman, upacara minum teh, atau festival musim panas.

Sumber saya:
http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/12/kimono-dari-masa-ke-masa