Apakah mengunyah es batu adalah hal yang buruk bagi kesehatan ?

Ketika kita berada di musim kemarau, mengunyah es merupakan salah satu hal yang biasa dan sangat menyegarkan. Namun benarkah jika kita sering mengunyah es batu membuat dampak yang buruk bagi kesehatan ?

Dampak buruk mengunyah es batu
Kebiasaan mengunyah es mungkin tidak memberikan dampak seburuk dan seberbahaya kebiasaan merokok atau meminum alkohol. Dampak terbesar yang akan dialami oleh penderita pagophagia adalah pada gigi dan rahang.
Kebiasaan mengunyah es dapat mengikis gigi Anda, merusak gusi, dan menghancurkan tambalan yang sudah ada. Anda juga mungkin akan mengalami nyeri pada otot-otot rahang atau gangguan pada sendi rahang. Selain itu, jika penyebab tersering dari kondisi ini yaitu anemia tidak diobati, maka penderita memiliki risiko mengalami kerusakan jantung.
Sementara itu, anemia sendiri yang merupakan penyebab utama dari pagophagia dapat berujung pada beberapa kondisi. Anemia defisiensi besi biasanya disebabkan karena terjadinya perdarahan kronik, seperti adanya polip pada saluran cerna, periode menstruasi yang berlangsung lama dan banyak, perdarahan dari tukak lambung, atau riwayat operasi lambung sebelumnya. Langkah pertama yang harus diambil adalah mencari tahu ada tidaknya sumber perdarahan.

Komplikasi jangka panjang dari anemia dapat berupa gagal jantung, karena pada anemia, jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk menjaga agar kebutuhan darah yang membawa oksigen tercukupi di seluruh tubuh. Jika Anda sedang hamil dan mengalami anemia, Anda memiliki risiko untuk melahirkan prematur atau bayi Anda dapat memiliki berat badan lahir rendah. Anak-anak yang menderita anemia jangka panjang dapat mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, serta lebih rentan terhadap infeksi.

Referensi