Apakah Mengomentari Karya Seseorang Bisa Dikatakan Hate Speech?

gambar

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Membuat suatu karya sangatlah bagus dan tidak ada yang menyalahkan dengan hal tersebut, tetapi kita sebagai pembuat karya kerap harus kuat dalam mendengar masukan dari orang yang melihatnya. Entah masukan yang mereka berikan positif ataupun masukan yang bersifat negatif. kerap tak sediit orang juga yang mengomentari karya orang dengan seenak hati tanpa memikirkan perasaan si pembuat karya, seperti pada contoh gambar di atas hal ini sering kita temui di negara kita. jadi menurut kalian pada netizen apakah hal tersebut bisa dikatakan sebagai Hate Speech atau Bukan Hate Speech ?.

Menurut saya mengomentari bukan termasuk hate speech. Namun, saya setuju bahwa komentar seperti itu kurang berpikiran terbuka terhadap karya seseorang. Jadi, langkah yang bisa dilakukan adalah apresiasi karya seseorang atau memberi saran. Jika menemukan komentar seperti itu bisa diabaikan atau mengajak dia berdiskusi mengapa dia berpendapat seperti itu

Menurut saya, memberikan suatu komentar atau kritik baiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Jika seseorang memberikan komentar atas karya orang lain yang bersifat membangun atau positif tentunya hal ini tidak termasuk kategori hate speech. Namun, jika seseorang memberikan komentar atas karya orang lain dengan kalimat yang merendahkan dan menjatuhkan, seperti yang ada pada gambar, tentunya hal ini merupakan hate speech.