[Hate Speech] Memprovokasi Orang Untuk Membenci Orang Lain Termasuk Hate Speech

image

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Provokasi merupakan perbuatan untuk membangkitkan kemarahan; tindakan menghasut; penghasutan; pancingan. Siapa dari kita yang masih sering terprovokasi oleh orang lain? Menurut kalian Apakah Memprovokasi Orang Untuk Membenci Orang Lain Termasuk Hate Speech ?

Sumber gambar : https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2F3.bp.blogspot.com%2F-xBb8SEecgyg%2FWzyRTEIH76I%2FAAAAAAAAAB4%2FL1BJDkAvU1k3TyVpWo6EFZ_LpOM1FyrrwCLcBGAs%2Fs1600%2Fprovokasi.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fapaituiniadalah.blogspot.com%2F2018%2F07%2Fapa-itu-provokasi-provokasi-adalah.html&tbnid=n1tTMSjDNqPTCM&vet=12ahUKEwi4-JyUvZPrAhWJSysKHQZ1A5YQMygFegUIARCdAQ…i&docid=QHlPtmc7a4MCdM&w=336&h=344&q=provokasi%20adalah&safe=strict&ved=2ahUKEwi4-JyUvZPrAhWJSysKHQZ1A5YQMygFegUIARCdAQ

1 Like

Menurut saya hal tersebut merupakan hate speech karena menurut sumber yang saya baca provokasi dan hasutan digolongkan ke tindakan hate speech.
Sumber : Apa Saja Bentuk-bentuk Hate Speech & Perbedaannya dengan Free Speech? - CewekBanget

Menurut saya termasuk hate speech, karena berdasarkan pengertian hate speech di wikipedia, hate speech atau ujaran kebencian adalah tindakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, ataupun hinaan kepada individu atau kelompok yang lain dalam hal berbagai aspek seperti ras, warna kulit, etnis, gender, cacat[1], orientasi seksual[2], kewarganegaraan, agama, dan lain-lain.[3]

Sumber: Ujaran kebencian - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

tentu saja tidak dibenarkan dan bukan merupakan tindakan yang terpuji. Terutama terkait membenci.Walaupun benci adalah sifat yang bisa dimiliki setiap orang,bukan hal yang dibenarkan mengajak orang lain untuk membenci.

Jelas ini merupakan hate speech, dari definisinya saja hate speech, sudah dikatakan bahwa bersifat atau berbentuk dalam provokasi.

sumber : https://www.bulelengkab.go.id/detail/artikel/hate-speech-definisi-hate-speech-66

Tentu saja hal ini merupakan ujaran kebencian (provokasi) karena mengajak orang yang sebelumnya biasa saja atau netral bahkan pro kepada suatu hal akan berbalik menyerangnya.