Apakah Memberi Simbol Ibu Jari Mengarah Ke Bawah Kepada Seseorang= Hate Speech?

gambar

  • Hate Speech
  • Bukan Hate Speech

0 voters

Menurut sumber https://meneruskan.blogspot.com/2013/08/hati-hati-menggunakan-gestur-tangan-di.html
Pada banyak kesempatan, kita cenderung menggunakan tangan kita untuk menjelaskan pikiran kita. Namun gestur tangan yang sama mungkin berarti berbeda jika dinilai dari latar belakang budaya yang berbeda. Gestur tangan adalah bagian yang sangat penting dari gerakan bahasa tubuh. Gerakan ini paling membantu ketika seseorang berbicara dengan orang yang berbahasa lain. Arti dari gestur tangan dalam suatu budaya bisa jadi diterjemahkan berbeda pada budaya yang lain.
Jempol ke bawah berarti menilai sesuatu yang buruk atau sesuatu yang tidak disetujui. Mayoritas budaya mengartikan hampir sama, meskipun ada yang menggunakan tanda ini sebagai perintah untuk menuangkan sesuatu ke dalam wadah. Misalnya anggur ke dalam cawan. Apakah hal tersebut dapat di katakan sebagai hate speech atau bukan?

Menurut saya tidak karena hate speech harusnya berbentuk ujaran yang bersifat literal dan jelas. Simbol ibu jari mengarah kebawah dapat diartikan berbeda-beda bagi tiap budaya. Untuk ujaran pun banyak subjektivitas apakah ujaran tersebut hate speech atau bukan apalagi simbol.