Apakah media sosial bermanfaat bagi masyarakat saat ini?

Di jaman sekarang, tentu banyak masyarakat yang memiliki media sosial. Namun, penggunaannya banyak yang digunakan untuk yang buruk - buruk (walaupun banyak juga yang menggunakannya bagi hal yang baik). Pertanyaannya, apakah media sosial bermanfaat bagi masyarakat di jaman saat ini?

Di dunia modern ini teknologi informasi berkembang begitu pesatnya. Teknologi informasi memudahkan kehidupan manusia dalam banyak hal. Salah satunya adalah media sosial. Komunikasi terjadi saat ini bukan hanya komunikasi secara langsung, tetapi komunikasi melalui internet. Media sosial ini tidak pernah jauh dengan kita seolah-olah sudah menjadi dunia kedua kita, yang kita sebut dengan Dunia Maya.

Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Kehadiran media sosial tentunya membawa banyak manfaat bagi kita, terutama dalam berkomunikasi dengan orang lain. media sosial memudahkan kita dalam berkomunikasi yang kadang terhambat ruang dan waktu. dari media sosial ini kita bisa berkomunikasi walaupun dalam jarak yang jauh.

Namun dampak baik dari kehadiran sesuatu yang baru pasti selalu ada dampak buruk yang datang juga dan tak bisa dihindari. Salah satu dampak buruk dari media sosial adalah banyak informasi yang tersebar tidak pas dengan sumber yang dituju. Banyak informasi yang tidak seharusnya diketahui oleh orang alin tapi malah tersebar begitu saja yang takutnya dapat memberikan dampak buruk terhadap informan.

Saran dari penulis adalah sebagai pengguna media sosial kita harus bijak dalam menggunakannya. Teknologi Informasi hadir untuk memudahkan urusan hidup manusia. Oleh karena itu jangan sampai kita menyalahgunakan penggunaan teknlogi informasi, apalagi ceroboh dalam pemakaiannya.

sumber :

Menurut saya, media sosial sangat bermanfaat bagi masyarakat di zaman saat ini. Mengapa? Karena di zaman saat ini, informasi paling cepat hanya bisa ada di media sosial. Contohnya, ketika ada bencana di daerah yang jauh dari kita. Tentu kita akan menerima informasi pertama kali dari media sosial.

Tetap saja perkembangan media sosial seperti pisau bermata dua, ada yang baik dan juga yang buruk. Buruknya, maraknya berita - berita hoax, banyaknya penipuan online, hingga hal - hal jahat seperti penculikan, penjualan organ tubuh, konten dewasa dan masih banyak lagi yang menjadikan media sosial menjadi berbahaya.

Jadi media sosial bukanlah sebuah aib yang harus dilupakan tetapi merupakan sebuah alat untuk berkomunikasi. Seperti yang sudah dibahas, media sosial seperti pisau bermata dua. Jadi, media sosial betul - betul bermanfaat bagi kita. Namun, tergantung bagaimana setiap individu menggunakan media sosial itu.

Jika dibilang bermanfaat, sangat bermanfaat untuk mempermudah dalam kelancaran berkomunikasi. Terutama bagi masyarakat yang bekerja dengan memerlukan efisiensi dalam berkomunikasi dan juga pelajar. Apalagi di zaman sekarang terdapat berbagai jenis file yang dengan mudah dikirim oleh media sosial yang canggih. Dari segi kecepatan dan kemudahan dapat diakui mempermudah untuk mempersingkat waktu dan tidak terpaku pada ruang dalam bertukar informasinya. Seperti informasi tentang lingkungan (bencana, dll), pendidikan (beasiswa, ujian masuk sekolah/perguruang tinggi), dan sebagainya.

Namun tidak semua dapat dikatakan baik. Media sosial dapat menjadi bumerang bagi pengguna apabila terlena dalam menelusuri dunia media sosial. Kita tau bahwa media sosial berbagai jenisnya dan mempunyai fungsi unik yang melengkapi antar satu media sosial dengan yang lain. Sehingga dapat membuat masyarakat mengyia-nyiakan waktu dengan menonton video lucu, membaca konten yang tidak informatif, chattingan dengan isi yang kurang penting dalam waktu yang panjang sehingga melalaikan kewajiban yang harus dituntaskan.

Maka dari itu apalagi di zaman sekarang dengan tugas yang menuntut kecepatan dan keakuratan, media sosial bisa menjadi jawabannya jika tidak disalahgunakan.

Menurut saya, media sosial itu ada manfaat dan kerugiannya.

Manfaat media sosial saat ini sangat banyak. Yang pertama dan paling utama adalah mempermudah kita untuk menjalin dan menjaga hubungan jarak jauh diantara orang. Kita sebagai manusia merupakan makhluk yang secara naluriah akan berusaha untuk menjalin hubungan dengan orang lain dan sosial media membantu kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Di dunia maya, banyak sekali komunitas tersedia untuk orang-orang yang menyukai hal-hal spesifik seperti game tertentu.

Manfaat yang keduanya adalah untuk dijadikan media bisnis. Sekarang, media sosial seperti Instagram marak pengunaannya sebagai platform untuk menjalankan usaha bagi orang-orang yang ingin. Selain itu, pertukaran informasi juga sangat cepat karena waktu transfer yang singkat di sosial media.

Tetapi, sosial media juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah membuat orang kecanduan. Selain menjadi candu dari sosial media, orang juga bisa menjadi lebih sibuk dengan dunianya sendiri dibanding memerhatikan apa yang ada disekitarnya.

Ujungnya, masalah seberapa bermanfaat sosial media saat ini bergantung pada pengunaannya.