Apakah Media Bikin Generasi Kita Suka Ghibah?

Z3rgdVzCI2

kamu pasti pernah liat berita yang judulnya clikbait kan? kesel ga kalo kena jebakan judulnya kaya gitu? Nah, ini yang di sebut media sensasional.

Judul yang sensasional banyak di anggap jadi salah satu stategi yang bisa menghadiri banyak pembaca. Tapi kami tau ga sih alasannya kenapa? Terus dampaknya apa aja?

Jadi, menurut kamu media yang baik itu yang seperti apa sih? Terus gimana tanggapan kamu soal media sensional ini?

Media adalah suatu wadah yang berisikan suatu informasi tertentu yang ditujukan kepada publik agar dapat menyampaikan informasi tersebut. Menurut saya, media yang baik itu adalah media yang berisikan informasi asli dan berupa fakta yang dapat memberikan manfaat berupa ilmu dan juga pengetahuan bagi para pembaca. Namun, zaman sekarang ini, seperti yang telah dijelaskan pada deskripsi pada opik ini, banyak sekali media sensasional yang tidak memberikan manfaat pada para pembaca. hal ini sangat disayangkan. Tanggapan saya terhadap media sesnsaional ini adalah, sebaiknya gunakan fakta yang ada walaupun tidak menarik, dapat dilakukan dengan cara mengem,as berita atau informasi tersebut menjadi suatu informasi yang dapat menarik minat publik untuk membaca atau mendengarkannya tanpa harus membohongi para pembaca dan pendengar, sehingga, ini akan mengurangi tingkat ghibah pembaca terhadap suatu media ataupun suatu informasi.

Menurutku media sensaional hadir karena mereka menggunakan ‘klikbait’, yang dimaksudkan agar media sensaional tersebut mendapatkan banyak perhatian dan dibaca banyakorang untuk keuntungan semata. Jadi mau tidakmau, kita memiliki naluri untuk membaca isi berita apakah benar atau tidak. Namun bagi seseorang dengan minat membaca rendah, maka judulnya yang hanya ia baca dan langsung menjadikannya gossip. Tipe inilah yang menjadikan seseorang secara tidak langsung melakukan ghibah. Media yang baik adalah media yang memberikan fakta, menggunakan bahasaa yang baik, tidak mengandung sara, tidak menyudutkan satu pihak, dan tidak melebih-lebihkan sebuah judul.

Sangat setuju dengan kak @Sabilnur mengenai alasan media sensasional menggunakan clickbait itu bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dan mengundang orang untuk melihatnya. Jadi banyak dari masyarakat yang memang termasuk orang yang jarang membaca akan mudah tersulut emosi dan terpancing untuk dengan mudah beropini dengan cara menggibah atau menghakimi.

Jika ditanya mengenai apa yang seharusnya media berikan untuk menarik orang tanpa harus menjebaknya, ya jawabannya carilah tagline yang menarik berdasarkan fakta yang benar terjadi. Jika media berusaha dan terus mempertahankan kejujuran dalam menulis atau menayangkan sebuah berita berdasarkan fakta yang terjadi, aku rasa media itu akan lebih banyak disukai oleh publik, sebab konsistensi media tersebut dalam menampilkan sebuah fakta dan publik tidak merasa tertipu atau bahkan tidak perlu lagi buang-buang tenaga merasa geram dengan pemberitaan palsu.

1 Like